Jakarta

Makanan seperti jagung, roti, dan coklat termasuk dalam makanan sehari-hari yang mudah didapat. Namun siapa sangka makanan ini pada suatu ketika bisa menimbulkan peristiwa tragis.

Makanan telah lama memainkan peran penting dalam menopang kehidupan. Bermanfaat untuk menambah asupan dan nutrisi, makanan ini juga memiliki banyak catatan sejarah sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan, beberapa makanan dikaitkan sebagai penyebab utama terjadinya peristiwa tragis atau kejadian yang memakan korban jiwa.

Seperti roti yang menyebarkan wabah penyakit atau penyakit menular seperti diare sehingga menyebabkan gizi buruk. Kemudian kematian disebabkan oleh jagung dan makanan lainnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dilansir dari berbagai sumber (15/12), berikut 5 makanan sehari-hari yang menyebabkan kejadian besar.

1. Pala

Gara-gara 5 makanan ini, terjadilah kejadian mengenaskan, mulai dari jagung hingga rotiPerang Pala. Foto: Situs Berita/Ilustrasi iStock

Pala atau pala merupakan bumbu yang populer untuk minuman dan masakan. Pada tahun 1600an di Inggris terjadi perang antara Inggris dan Belanda. Perang ini cukup mematikan, karena memakan banyak korban jiwa.

Pala menjadi salah satu simbol di antara peperangan tersebut, dan biasanya banyak orang yang menyimpannya sebagai emas, sebuah benda berharga. Faktanya, banyak orang yang percaya bahwa buah pala mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

Sayangnya saat itu pala hanya tersedia di Indonesia. Maka terjadilah perang besar-besaran antara Belanda dan Inggris, untuk menguasai Pulau Banda, di Indonesia, tempat mereka pertama kali menemukan pala.

2. Coklat

Gara-gara 5 makanan ini, terjadilah kejadian mengenaskan, mulai dari jagung hingga rotiCokelat membawa bencana. Foto: Situs Berita/Ilustrasi iStock

Pada awal abad ke-20, terjadi insiden atau wabah penyakit yang disebabkan oleh coklat. Saat itu pabrik coklat mulai menambahkan coklat pada produknya, yang ternyata mengandung radioaktif.

Kandungan radioaktif dalam coklat ini dijual bebas. Tak hanya itu, wine, bahkan minuman pun, juga mengandung radiasi, sebuah efek samping yang masih belum diketahui banyak orang. Pada tahun 1925, artikel dari The New York Times menyatakan bahwa efek radiasi ini menyebabkan penyakit baru yang disebut nekrosis radium.

Dimana efek radium menyebabkan daging dan tulang bagian bawah wajahnya mati rasa, bahkan tidak bisa berfungsi. Selain itu, radiasi ini juga menyebabkan pertumbuhan dan kematian setelahnya.

3. Jagung

Gara-gara 5 makanan ini, terjadilah kejadian mengenaskan, mulai dari jagung hingga rotiJagung menyebabkan wabah. Foto: Situs Berita/Ilustrasi iStock

Pada awal abad ke-20, Amerika Selatan dilanda wabah penyakit misterius. Dimana orang merasa sakit dan kulitnya bermasalah. Epidemi ini merenggut lebih dari 100.000 nyawa, antara tahun 1906-1940.

Penyebabnya tidak diketahui, hingga kedatangan Dokter Joseph Goldberger dari Pennsylvania, yang menghabiskan waktunya bepergian untuk memecahkan kasus medis yang masih menjadi misteri. Apalagi kasus ini, dimana kasus ini hanya menyerang masyarakat miskin.

Banyak yang percaya bahwa jagung adalah penyebab utama penyebaran penyakit misterius ini. Namun Dokter Goldberger membuktikan bahwa penyakit tersebut tidak menular, setelah menelan keropeng dari kulit pasien yang terinfeksi. Ternyata penyebab wabah ini adalah kekurangan niacin atau vitamin B3 yang sangat penting untuk sistem saraf, pencernaan, dan kulit.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *