Jakarta

Asam urat merupakan penyakit yang dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada persendian (radang sendi). Penyakit ini terjadi karena asam urat menumpuk membentuk kristal di persendian.

Pasalnya, tubuh bisa memproduksi asam urat setelah menguraikan zat yang disebut purin (bahan kimia yang secara alami terdapat pada minuman dan makanan tertentu).

Pemilihan makanan dan minuman yang tepat akan membantu menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh. Berikut ulasannya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat

Mengikuti diet rendah purin dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Berikut makanan yang sebaiknya dihindari penderita asam urat tinggi:

1. Daging

Dilansir dari laman medically peer-review WebMD oleh David Zelman, MD, angsa, daging sapi, dan daging rusa merupakan jenis daging buruan yang dapat memperparah asam urat. Selain itu, daging merah seperti daging domba, sapi, dan daging sapi juga sebaiknya dihindari.

2. Daging Organ (Daging)

Daging organ yang dimaksud adalah babat roti manis, otak, hati, dan ginjal. Menghindari konsumsi daging akan mengurangi kontribusi tingginya kadar asam urat dalam darah.

3. Makanan Laut (Makanan Laut)

Makanan laut yang memicu asam urat antara lain ikan haring, kerang, remis, cod, tuna, trout, sarden, dan haddock.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, beberapa ikan yang tercantum di atas memiliki kandungan purin lebih tinggi dibandingkan lainnya.

Sebaliknya, bagi penderita asam urat, manfaat ikan bagi kesehatan secara keseluruhan mungkin lebih besar. Dalam hal ini, mengonsumsi ikan dalam porsi sedang dapat menjadi bagian dari diet asam urat.

4. Produk dengan kandungan gula tinggi

Mengonsumsi produk dengan kandungan gula lebih tinggi bisa memicu asam urat. Oleh karena itu, penderita asam urat disarankan untuk tidak mengonsumsi:

  • Soda
  • Beberapa jus dengan tambahan gula
  • Biji-bijian
  • Itu sebuah kejahatan
  • permen
  • makanan cepat saji (makanan cepat saji)

5. Sayuran tertentu

Konsumsi sayuran yang tinggi purin juga sebaiknya dihindari. Namun sayuran seperti asparagus dan bayam boleh dimakan karena tidak meningkatkan risiko asam urat atau serangan asam urat berulang.

6. Minuman Beralkohol

Kebanyakan minuman beralkohol merupakan sumber purin, sehingga penderita asam urat sebaiknya menghindarinya. Minuman yang dimaksud antara lain:

Mengonsumsi makanan rendah purin akan membantu menurunkan kadar asam urat sehingga mencegah pembentukan kristal baru. Oleh karena itu, juga mengurangi serangan asam urat.

Menonton video “Toko vegetarian di Senopati ini menawarkan cita rasa restoran siap saji
[Gambas:Video 20detik]
(khq/inf)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *