Jakarta

Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, rutin meminum jus wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaatnya telah dibuktikan oleh para peneliti!

Wortel identik dengan kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Tak hanya itu, wortel juga kaya akan nutrisi lainnya sehingga mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Penelitian menemukan bahwa wortel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini penting mengingat angka kasus COVID-19 kembali tinggi di beberapa negara, termasuk Indonesia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Ambil sebagai jus

Jus wortelJus wortel mampu meningkatkan imunitas tubuh. Foto: iStock

Anda bisa mengolah wortel menjadi jus untuk dikonsumsi sehari-hari. Hal ini dikemukakan oleh peneliti dari University of Southern Denmark.

Menurut peneliti, senyawa bioaktif falcarinol (FaOH) dan falcarindiol (FaDOH) yang ditemukan dalam jus wortel dapat mempengaruhi peradangan, lapor Fox News (14/12/23).

Hal tersebut terbukti setelah melakukan penelitian yang melibatkan 14 relawan sehat berusia antara 20-55 tahun. Mereka menjalani tes darah sebelum dan satu jam setelah mengonsumsi jus wortel.

2. Penjelasan penelitian

Para relawan mengambil 30 gram bubuk wortel kering beku yang dicampur dengan 500 mililiter air keran. Studi menunjukkan hasil yang menjanjikan setelah digunakan.

Oleh karena itu, peneliti percaya bahwa mengonsumsi jus wortel dapat bermanfaat bagi penderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan kanker, di mana peradangan berperan.

“Sebaliknya, konsumsi jus wortel dapat mempengaruhi sitokin pro dan anti-inflamasi pada sampel plasma yang distimulasi LPS satu jam setelah konsumsi jus dibandingkan dengan tidak mengonsumsi jus,” kata para peneliti.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *