Jakarta

Tidak hanya berhasil tumbuh di dataran bumi saja. Namun beberapa jenis sayuran berhasil tumbuh di luar angkasa dengan bantuan teknologi canggih.

Pada tahun 1961, kosmonot Yuri Gagarin dari Uni Soviet menjadi manusia pertama yang pergi ke luar angkasa. Sejak saat itu, seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, para astronot kini mulai menanam sayuran dan makanan di luar angkasa.

Seperti China yang sukses membawa bibit sayuran ke bulan dan menanamnya di sana. Lalu ada Amerika yang bekerja sama dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) menanam berbagai sayuran di luar angkasa, hingga ke planet Mars.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima sayuran yang berhasil ditanam di luar angkasa.

1. Mizuna

Sayuran Luar AngkasaSayuran Luar Angkasa Foto: ISS

Salad adalah sayuran yang populer dan mudah beradaptasi. Selain selada merah, NASA juga berhasil menanam selada terbaru asal Jepang bernama mizuna di Space Garden di ISS.

Uniknya, seluruh selada mizuna yang sudah dipanen di luar angkasa dikirim kembali ke bumi. Tujuannya agar para ilmuwan dan manusia di bumi bisa mencicipi sayuran yang ditanam di luar angkasa.

“Saya tidak melihat masa depan bagi para astronot untuk meninggalkan Bumi dalam jangka waktu yang lama, tanpa memiliki kemampuan untuk menanam makanan mereka sendiri di luar angkasa,” kata perwakilan NASA.

2. Cabai

Sayuran Luar AngkasaFoto Sayuran Luar Angkasa: Istimewa

Pada pertengahan tahun 2019, NASA mengumumkan bahwa mereka akan menanam cabai di ISS. Mereka menggunakan tanaman cabai Espanola yang akan menjadi tanaman cabai pertama yang ditanam di luar angkasa.

Ada alasan khusus mengapa NASA memilih cabai Espanola untuk dikirim ke luar angkasa. Sebab, mereka mencari varietas cabai yang tumbuh tidak terlalu tinggi, namun sangat subur dan lingkungannya mendukung.

Selain itu cabai espanola mampu hidup dan tumbuh di dataran tinggi. Masa tanamnya juga relatif singkat sehingga proses panen di ISS bisa lebih cepat.

3. Wortel dan Sayuran Lainnya

Sayuran Luar AngkasaFoto Sayuran Luar Angkasa: Istimewa

Menurut Gioia Massa, ilmuwan di Kennedy Space Center NASA, selama beberapa tahun terakhir, para astronot telah berhasil menanam sayuran di luar angkasa. Tepatnya di ISS, laboratorium manusia di luar angkasa.

“Para astronot telah berhasil menanam beberapa sayuran dan tanaman. Seperti selada, lobak, kacang-kacangan, dan tanaman bunga seperti zinnia dan bunga matahari,” jelas Gioia yang meneliti Microgravity.

“Semua tumbuhan sangat mudah beradaptasi. Harus bisa beradaptasi karena tidak bisa lepas,” kata Gioia. Ada kemungkinan di masa depan tumbuhan bisa hidup di planet selain Bumi.

Menonton video “Masakan Memasak: Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tidak Layu
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *