Jakarta

Mie lethek merupakan masakan khas Bantul yang patut dicoba. Jika ingin mencobanya, cobalah mengunjungi 5 tempat makan berikut ini.

Mie lethek artinya mie kotor. Nama ini mengacu pada tampilan mie yang berwarna coklat dan terlihat kotor. Hal ini disebabkan penggunaan tepung singkong dan singkong sebagai bahan utama.

Mee lethek mudah didapat di Bantul. Bisa dibuat dalam bentuk sup mee atau mee goreng. Mee lethek juga biasa ditambahkan dengan beberapa jenis sayuran.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Jika ingin mencoba mee lethek di Bantul, berikut 5 rekomendasi tempat:

1. Mie Lethek Mbah Mendes

Mie Lethek Mbah Mendes terkenal di kalangan masyarakat sehingga selalu ramai dikunjungi pelanggan. Mulai dari Rp 20 ribu saja, sepiring mee lethek sudah bisa dihidangkan dan dinikmati. Berbeda dengan yang lain, sajian mie ini tidak menggunakan MSG atau micin.

Tekstur mie yang kental dipadukan dengan kombinasi kubis dan wortel memberikan cita rasa yang nikmat. Tak hanya lethek mee, di sini juga disajikan nasi goreng sagu jagung yang jarang ditemukan di tempat makan lain. Ada juga soto lethek yang bisa dibeli dengan harga Rp 10 ribu saja.

Alamat : Maguwo, Maguwoharjo, Dist. depok, kabupaten sleman

Jam Buka: Senin-Minggu, pukul 11.00-22.00 WIB

2. Nasi Goreng Bakmi Lethek & Mbok Cempluk

Mie Lethek Khas BantulSalah satu mie lethek khas Bantul yang bisa Anda coba adalah Warung Mie Lethek Mbok Cempluk. Foto: dok. detikFood/Pradito Rida Pertana

Berikutnya ada Warung Mie Lethek Mbok Cempluk yang lokasinya berseberangan dengan Gedung Madu Candhya sehingga mudah ditemukan. Mie Lethek Mbok Cempluk dimasak menggunakan api atau kompor arang agar lebih nikmat. Kisaran harga makanan di sini berkisar antara Rp17 ribu hingga Rp22 ribu.

Alamat : Jalan Padokan, Padokan Lor, Tamantirto, Dist. Kasihan Kabupaten Bantul

Jam Buka: Senin-Minggu, 15.00-22.30 WIB

3. Bakmi Jowo & Mie Lethek Pandawa

Lepaskan nostalgia dengan Mie Lethek Khas Bantul di DepokBeginilah penampakan masakan lethek mi khas Bantul. Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Warung ini sudah menjadi tempat langganan banyak orang karena rasanya yang konsisten. Menu yang disajikan beragam, mulai dari mee goreng, mee rebus, mee lethek goreng, mee lethek rebus, hingga magelangan.

Mie Lethek Pandawa menggunakan telur ayam biasa sehingga kuahnya terasa lebih ringan dan rasa pedasnya kuat. Pedasnya sendiri sebagian besar berasal dari lada. Harga per bagiannya dipatok sekitar Rp 14 ribu.

Alamat : Jalan Bantul KM ​​​​4.5, Dongkelan, Panggungharjo, Dist. Sewon, Kabupaten Bantul

Jam Buka : Senin-Minggu, 16.00-00.00 WIB

4. Institut Bumi Langit

Restoran selanjutnya ternyata pernah dikunjungi oleh Barack Obama. Dari berbagai menu di Bumi Langit Institute, mee lethek menjadi favorit mantan Presiden Amerika Serikat itu.

Pengolahan mie di sini tidak menggunakan bahan pengawet apapun. Dengan harga Rp 35 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati mie lethek yang dimasak dengan telur ayam kampung.

Alamat : Jalan Desa Mangunan KM 3, Giriloyo, Wukirsari, Dist. Imogiri, Kabupaten Bantul

Jam Buka: Senin-Minggu, 11.00-17.30 WIB

Saran mee lethek khas Bantul lainnya bisa dilihat di halaman selanjutnya!

Menonton video “Saksikan produksi Mie Lethek khas Yogyakarta
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *