Jakarta

Para bule ini berbagi pengalaman makan mereka saat mencoba tiram asal Indonesia dan Jepang. Di antara kedua masakan tiram ini, menurutnya mana yang paling enak?

Belakangan ini banyak yang membagikan momen mencicipi tiram mentah. Hidangan ini memang bukan hal baru, namun popularitasnya semakin meningkat setelah ramai dibicarakan di media sosial.

Tiram sendiri dianggap sebagai hidangan mewah karena harganya yang tidak murah. Tiram berkualitas yang telah mendapat izin khusus bisa dijual hingga Rp 2 juta per kilogram.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Tiram juga dinikmati mentah hanya dengan memakannya dengan perasan lemon atau jeruk nipis. Namun, pastikan tiram mentahnya masih segar. Jika tidak segar, memakan tiram bisa berbahaya dan menimbulkan gangguan kesehatan.

Meski mahal dan biasanya dimakan mentah, tiram populer karena dagingnya yang empuk. Beberapa tiram yang berkualitas baik juga memiliki rasa yang menyegarkan, tidak ada aroma atau rasa amis sama sekali. Hal itulah yang membuat tiram populer.

Namun tidak semua tiram memiliki kualitas, rasa, dan keamanan yang sama. Saat membeli tiram, Anda perlu lebih memperhatikan kualitasnya. Faktanya, berbagai jenis tiram dari berbagai daerah juga bisa memiliki kualitas dan rasa yang berbeda-beda. Seperti yang dikatakan orang asing ini.

Melalui unggahan TikTok @paulylong (18/12), TikToker asing tersebut mencoba dua buah tiram dari negara berbeda. Pauly makan di restoran yang nama dan lokasinya tidak diketahui, namun dia memesan dua hidangan tiram dari asal yang berbeda. Orang asing ini memesan tiram dari Jepang dan Indonesia. Ia pun bermaksud membandingkan kedua tiram tersebut.

Bule Ini Cicipi Tiram Indonesia dan Jepang, Mana yang Lebih Enak?Bule ini memperlihatkan bentuk tiram asal Jepang (kiri) dan asal Indonesia (kanan). Foto: TikTok @paulylong

Saat hidangan ini tiba, Pauly menunjukkan seperti apa tiramnya. Dari ukuran, bentuk dan tampilannya saja ternyata tiram dari kedua negara ini sangat berbeda.

“Lihat perbedaan kedua tiram ini. Yang ini dari Jepang dan yang ini dari Indonesia,” ujarnya dalam video tersebut.

Jika dilihat, tiram asal Jepang ini memiliki cangkang yang lebih ramping dan memanjang. Sedangkan yang berasal dari Indonesia cangkangnya lebih lebar dan pendek.

Usai memperlihatkan bentuk tiram tersebut, tanpa malu-malu Pauly langsung menyentuhnya. Pertama dia mencicipi tiram Jepang. Pria bule ini memeras lemon pada daging tiram dan menambahkan sedikit bumbu.

Saat masih mencampurkan tiram tersebut, Pauly terpana melihat betapa kentalnya daging tiram tersebut. Dia juga mengatakan bahwa tiramnya sangat kental.

Bule Ini Cicipi Tiram Indonesia dan Jepang, Mana yang Lebih Enak?Tiram Jepang memang memiliki daging yang lebih tebal dan panjang. Dia sangat terkesan dengan tiram ini. Foto: TikTok @paulylong

Tiram itu kemudian dimasukkan ke dalam mulutnya. Saat mulai mengunyah, ekspresi orang asing ini terlihat sangat terkejut. Bukan karena kurang enak, tapi karena tiram Jepang dinilai sangat enak.

“Ya ampun, wah,” katanya.

Pauly pun terus mencicipi tiram asal Indonesia. Daging tiram Indonesia jauh lebih kecil. Pauly pun menilai aroma asin laut masih terasa pada daging tiram khas Indonesia ini.

“Wah tiram Indonesia masih terasa asin dan enak,” jelasnya.

Untuk memastikan rasanya, dia mencobanya lagi. Pada percobaan kedua memakan tiram Indonesia, pria ini tersedak dan batuk karena mengira cukanya terlalu banyak.

Bule Ini Cicipi Tiram Indonesia dan Jepang, Mana yang Lebih Enak?Tapi saat Anda mencoba tiram Indonesia, Anda tidak menyukainya. Menurutnya, ada perbedaan besar antara kedua sistem ini. Foto: TikTok @paulylong

Pauly juga menjelaskan, ada perbedaan besar antara tiram dari kedua negara tersebut. Sehingga ia merasa kedua makanan ini adalah makanan yang berbeda, mulai dari rasa dan teksturnya.

“Ini seperti dua hal yang berbeda. Tidak bisa dibandingkan,” jelasnya sambil terus menggigit tiram.

Nampaknya orang asing ini lebih menyukai tiram dari Jepang. Saat disantap lagi, wajahnya kembali seperti terbuai dengan nikmatnya tiram Jepang.

Pauly berkata, “Wow, wow, saya tersenyum.”

Video yang diunggah bule Amerika tersebut telah ditonton lebih dari 2,3 juta akun. Kolom komentar pun dipenuhi beragam reaksi dari warganet.

Beberapa netizen memuji caranya mengomentari makanan karena berhasil menggoda mereka.

“Kamu selalu membuat tiram terlihat enak,” jelas salah satu warganet.

Netizen lain juga berkomentar bahwa tiram Jepang sangat enak.

“Pertama kali saya mencoba makan tiram mentah dari Jepang. Enak sekali!” kata warganet ini.

Ada beberapa netizen Indonesia yang baru mengetahui kalau ada tiram versi Indonesia.

Seperti netizen yang berkomentar, “Baru tahu kita punya tiram spesial sendiri.”

Seorang netizen pun menanyakan harga tiram yang dimakannya. Pauly menjawab, ia menghabiskan sekitar $25-30 atau setara Rp387.000 hingga Rp465.000 untuk makan malam sendirian.

Menonton video “Cicipi Tiram Mentah Segar dan Lobster Panggang Lezat
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *