Jakarta

Perdebatan sengit mengenai asal usul makanan kembali terjadi antara Malaysia dan Singapura. Kali ini giliran influencer Malaysia yang angkat bicara.

Persoalan budaya kuliner dan asal muasal makanan selalu menjadi perdebatan antar negara. Misalnya saja Malaysia, Indonesia, dan Singapura yang memiliki kuliner serupa meski memiliki ciri khas yang berbeda.

Beberapa makanan asal ketiga negara ini kerap membuat netizen atau masyarakatnya berdebat. Misalnya saja adanya perdebatan sengit mengenai rendang dari Indonesia atau Malaysia, hingga UNESCO memutuskan bahwa rendang merupakan masakan asli Indonesia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kini kembali terjadi perdebatan antara netizen Malaysia dan Singapura yang saling berebut makanan.

Diberitakan WeirdKaya (19/12), baru-baru ini seorang influencer Malaysia yang merupakan peserta reality show di Taiwan mengatakan banyak masakan ikonik Malaysia seperti bak kut teh dan nasi ayam telah dicuri oleh Singapura.

Giliran Influencer Malaysia Tuduh Hobi Singapura Mencuri Makanan MalaysiaPergantian Pengaruh Malaysia Tuduh Penghobi Singapura Curi Makanan Malaysia Foto: Berita Laman

Influencer ini bernama Zu Xiong yang cukup terkenal di Malaysia. Ia bahkan mengklaim seluruh makanan di Singapura sebenarnya dicuri dari Malaysia.

“Semua makanan lho di Singapura dicuri dari Malaysia!” Zu berkata dengan suara keras.

Menurut Zu, apa yang disampaikannya bukan sembarangan. Hidangan sup daging babi seperti bak kut teh, nasi ayam Hainan, char koay teow, dan kue manis seperti Nyonya Kuih semuanya tersedia di Malaysia. Bahkan jauh sebelum Singapura terpecah menjadi negaranya sendiri.

Tentu saja klaim tersebut membuat banyak peserta acara asal Singapura yang membela negaranya. Peserta dari Singapura mengatakan bahwa negaranya tidak mencuri masakan Malaysia, melainkan bertukar budaya sambil mempromosikan makanan Malaysia.

Apalagi masyarakat di Malaysia dianggap kurang pandai mempromosikan masakannya sendiri, sehingga masyarakat Singapura lebih giat mempromosikan makanan tradisional tersebut sehingga dianggap berasal dari Singapura.

Giliran Influencer Malaysia Tuduh Hobi Singapura Mencuri Makanan MalaysiaPergantian Pengaruh Malaysia Tuduh Penghobi Singapura Curi Makanan Malaysia Foto: Berita Laman

Selain menyindir masakan Singapura dicuri dari Malaysia, Zu menambahkan, semua tempat wisata populer di Singapura adalah buatan manusia, tidak ada satupun yang alami. Mulai dari Rain Vortex di Bandara Jewel Cangi, Pantai Siloso, hingga Gardens by the bay.

Menanggapi sindiran Zu, banyak netizen Singapura yang menilai pernyataan Zu menggambarkan masyarakat Malaysia yang cemburu dan kurang percaya diri.

“Wah rasa rendah hati itu nyata. Senangnya kita (Singapura) terus ada di pikiran mereka. Padahal nilai mata uang mereka (Malaysia) tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan mata uang Singapura,” komentar seorang netizen Singapura.

Sebelumnya ada beberapa makanan yang terlibat perselisihan antara Malaysia dan Singapura. Seperti Cabai Ketam, Nasi Lemak dan Cendol.

Menonton video “Bikin Lapar: Enaknya Bebek dan Sate Madura Pak Mantep
[Gambas:Video 20detik]
(menangis/marah)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *