Jakarta

Larangan membawa durian di angkutan umum diberlakukan di Singapura. Karena itu, perempuan ini diminta turun dari bus saat kedapatan membawa durian. Namun dia malah melakukan hal tak terduga tersebut.

Buah durian disukai dan dibenci banyak orang. Salah satu alasan durian tidak disukai adalah karena aromanya yang menyengat. Tak heran jika banyak negara memberlakukan peraturan yang melarang durian dibawa dengan angkutan umum.

Salah satunya Singapura yang punya aturan ketat soal ini. Sopir atau kapten bus tak segan-segan menegur penumpang yang ketahuan membawa durian saat menaiki bus.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Hal ini terjadi pada sepasang pria dan wanita yang menaiki bus yang membawa durian. mengutip Kapal Induk SG (17/12/2023), mereka ditegur kondektur bus yang juga meminta mereka turun dari bus.

Disuruh turun dari bus karena bawa durian, wanita ini lebih memilih membuang duriannya!Seorang pria hendak turun dari bus setelah ditegur karena membawa durian, namun wanita di sebelahnya menghentikannya. Foto: Instagram SgfollowsSemua melalui Mothership SG

Saat sang pria bersiap meninggalkan bus, sang wanita punya “solusi” lain. Ia spontan melemparkan durian dari bus ke jalan.

Kisah keduanya viral karena ada penumpang lain yang merekam dan mengunggah video tersebut ke media sosial. Salah satunya terlihat di akun Instagram @SgfollowsAll.

Wanita itu tampaknya berbicara bahasa Mandarin. Dia menghentikan pria itu untuk turun dari bus sambil berkata, “Jangan turun, jangan turun.”

Wanita itu kemudian mengambil kantong durian tersebut dan melemparkannya ke luar bus. Kemudian pria dan wanita itu kembali ke tempat duduk mereka seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Di Singapura, SBS Transit yang menyediakan layanan bus umum mengatakan, “Demi kenyamanan orang lain, jangan membawa barang ke dalam bus yang dapat mengganggu orang lain, misalnya durian, hewan peliharaan.”

Postingan di Facebook Kementerian Perhubungan Singapura pada tahun 2021 juga menjelaskan bahwa “aroma durian yang menyengat mungkin tidak sedap” bagi sebagian penumpang.

Selain itu, bau tak sedap juga bisa tertinggal di kendaraan angkutan umum karena ber-AC.

Disuruh turun dari bus karena bawa durian, wanita ini lebih memilih membuang duriannya!Seorang wanita di Singapura melemparkan durian ke jalan setelah dimarahi kapten bus. Foto: Instagram SgfollowsSemua melalui Mothership SG

Lalu aksi perempuan di dalam bus yang baru saja melempar durian ke jalan rupanya juga dianggap ilegal. Menurut Undang-Undang Kesehatan Masyarakat Lingkungan Singapura, membuang sampah sembarangan dapat dikenakan denda hingga S$2.000 setelah keputusan pertama di pengadilan.

Undang-undang yang sama menyatakan bahwa siapa pun yang “membuang atau membuang” sampah, limbah, atau benda lain apa pun dari kendaraan di tempat umum setelah dinyatakan bersalah dapat didenda hingga S$50.000 atau dipenjara hingga 12 bulan, atau keduanya.

Sebelumnya, kehadiran durian di angkutan umum di Thailand sempat viral. Seorang kondektur bus pingsan karena mencium aroma durian yang dibawa penumpang!

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *