Jakarta

Ramen, sajian mie khas Jepang yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Ada 3 alasan mengapa ramen enak dan menjadi favorit banyak orang. Ternyata karena alasan ini.

Berbicara soal kelezatan masakan Jepang, banyak yang menyebut ramen sebagai makanan favoritnya. Ramen juga menjadi favorit banyak orang asing ketika berkunjung ke Jepang.

Mereka seakan tak kuasa menahan nikmatnya mie yang dipadukan dengan hangatnya kuahnya. Ramen juga tersedia di banyak lokasi di Jepang.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Meskipun ramen menyenangkan, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa ramen begitu enak dan membuat ketagihan? Tsunagu Jepang (25/9/2023) rangkum alasan dan fakta ramen yang membuat masakan ini terkenal kelezatannya:

1. Saus ramen

Wow!  Tulang Babi untuk Kaldu Ramen Bisa Mengolah Limbah NuklirFoto: Getty Images/iStockphoto/billnoll

Hal pertama yang membuat ramen enak adalah sausnya. Ramen Jepang menggunakan 3 komponen untuk kuahnya yaitu dashi, tara, dan minyak aroma.

Penggunaan ketiga komponen ini dapat diatur sehingga menghasilkan rasa sesuai selera. Setiap komponen dikatakan dapat meningkatkan rasa umami ramen.

Pada dashi misalnya, bahan yang bisa digunakan adalah kombu (rumput laut), katsuobushi (serutan ikan bonito), dan niboshi (sarden kering).

Lalu untuk tara yang merupakan bumbu kuah atau ramen terdiri dari 3 tipe dasar yaitu shoyu (kecap jepang), shio (garam), dan miso. Tampilan shoyu ramen umumnya lebih gelap dibandingkan shio. Sedangkan miso memiliki kuah yang lebih kental karena terbuat dari pasta kedelai yang difermentasi.

Terakhir ada minyak aroma atau komi abura. Penggunaan minyak ini dinilai oleh chef Jepang dapat meningkatkan aroma dan rasa ramen secara keseluruhan. Minyak yang digunakan bisa berbahan dasar lemak hewani, nabati, atau kombinasi keduanya.

Misalnya saja ramen yang kuahnya menggunakan tulang sapi, biasanya menggunakan minyak aromatik yang terbuat dari lemak daging. Perpaduan keduanya dinilai lebih nikmat.

Dua alasan lain mengapa semangkuk ramen enak ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *