Jakarta

Pisang adalah makanan yang populer untuk dimakan. Jadi menu snack atau sarapan. Namun, amankah mengonsumsi pisang setiap hari?

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang mengandung beberapa nutrisi penting. Mengonsumsinya setiap hari adalah hal yang normal. Namun, sebagian orang menghindari makan pisang.

Melaporkan dari Delish (12/12), ahli diet Lauren Manaker menjelaskan tentang makan pisang. Dari segi kandungan nutrisinya, USDA menjelaskan bahwa 1 buah pisang (118 gram) memiliki sekitar 105 kalori, 27 karbohidrat, 14 gram gula, 5 gram serat, dan 422 miligram kalium.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pisang juga diketahui mengandung beberapa nutrisi baik, seperti vitamin C, B6, dan elektrolit. Termasuk magnesium, natrium, dan kalium.

Manfaat PisangManfaat Pisang Foto: Getty Images

Manaker menjelaskan, setiap orang boleh mengonsumsi pisang setiap hari. Faktanya, ini bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk dilakukan.

Namun, ada sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsi pisang secara bebas. Terutama mereka yang mengikuti diet rendah kalium atau mengalami peningkatan gula darah setelah mengonsumsinya.

Pisang memang mengandung karbohidrat dan gula sehingga menimbulkan pertanyaan apakah pisang merupakan makanan sehat bagi penderita diabetes. Namun menurut Harvard TH Chan School of Public Health, karbohidrat dalam pisang merupakan pati resisten, yang mirip dengan serat, dan melepaskan lebih sedikit glukosa ke dalam aliran darah.

Selain kandungan karbohidratnya, pisang dikenal dengan potasiumnya, elektrolit penting yang penting untuk fungsi sel dan otot serta kesehatan jantung. Kalium dan natrium bekerja sama dan harus seimbang. Hiperkalemia terjadi ketika kadar kalium darah terlalu tinggi, meski menurut Klinik Cleveland, hal ini hanya terjadi pada 2 hingga 3 persen populasi AS.

“Bagi orang yang umumnya sehat, kecil kemungkinannya terkena hiperkalemia jika mengonsumsi satu buah pisang sehari, apalagi jika sisa makanannya tidak terlalu tinggi makanan kaya kalium,” kata Manaker.

Secara keseluruhan, makan pisang sehari kemungkinan besar aman. Namun, hal ini tergantung pada kesehatan dan pola makan individu.

Manaker juga menganjurkan masyarakat memadukannya dengan buah dan sayuran lain. “Meskipun makan pisang setiap hari tidak buruk bagi banyak orang, mungkin akan lebih bermanfaat jika memakan buah yang berbeda, dengan pisang sebagai alternatifnya,” sarannya.

Menonton video “Jajanan Pisang Unik di Tebet dan Dijamin Bikin kenyang Seharian!
[Gambas:Video 20detik]
(dll./dll.)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *