Jakarta

Carl's Jr Indonesia mengumumkan penutupan cabangnya pada 31 Desember 2023. Sebelumnya ada 5 fakta menarik dari restoran ini.

Melalui akun Instagram resmi @carlsjrindonesia (20/12), restoran cepat saji asal Amerika Serikat tersebut mengumumkan akan menutup cabangnya di Indonesia pada 31 Desember 2023. Kabar ini mengejutkan masyarakat Indonesia, terutama pecinta produk tersebut. ditawarkan oleh restoran cepat saji.

Carl's Jr sendiri telah beroperasi di Indonesia selama kurang lebih 10 tahun. Sejak dibuka, Carl's Jr telah menarik perhatian banyak masyarakat Indonesia karena menu burger panggangnya yang ikonik.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sebelum kabar penutupan gerai ini, ada beberapa fakta menarik seputar Carl's Jr. Berikut informasinya:

1. Restoran Amerika yang buka sejak tahun 1940

Carl JrCarl's Jr awalnya dijual di toko-toko kecil, sebelum akhirnya membuka restoran besar dengan cabang yang tersebar di beberapa negara. Foto: carlsjr.com / @carlsjrindonesia

Carl's Jr merupakan sebuah restoran cepat saji asal Amerika Serikat. Mengutip situs resmi www.carlsjr.com, restoran ini pertama kali dibuka pada tahun 1940 oleh Carl Karcher dan istrinya Margaret. Pasangan suami istri ini sengaja menginvestasikan tabungannya untuk membeli warung kecil yang menjual hot dog. Lima tahun kemudian, tim suami istri ini membuka restoran pertamanya.

Pada tahun 1950-an, Carl's bersama dengan Business blossoms membuka dua toko pertamanya di kawasan Anaheim yang disebut Carl's Jr. Bisnisnya terus berkembang, hingga Carl's Jr membuka dua cabang tambahan dan memperkenalkan simbol bintang kuning yang akhirnya menjadi ikon restoran tersebut.

Tahun 1960 menjadi tahun yang cukup sukses bagi pebisnis kuliner ini. Carl berhasil berkembang hingga mampu mengoperasikan 24 toko restoran Carl's Jr. Carl Karcher akhirnya mendirikan Carl Karcher Enterprises, Inc. Toko Carl's Jr kemudian direnovasi, dan menu makanannya juga dibuat lebih menarik.

Seiring berjalannya waktu, Carl Karcher sukses membangun bisnis memasak restorannya. Pada tahun 1977 saja, Carl berhasil mendirikan lebih dari 200 cabang yang berlokasi di California, Amerika Serikat.

Tak hanya memperbanyak toko, Carl's Jr juga mulai memperkenalkan burger ikoniknya. Salah satu menu ikonik yang ditawarkan pada tahun 1988 adalah Western Bacon Cheeseburger. Pada tahun 80-an, Carl's Jr juga membuka cabang di negara lain, khususnya di Meksiko.

Pada tahun 2000, Carl's Jr. memperkenalkan item menu ikonik lainnya, termasuk burger seharga $6, milkshake, dan burger kalkun panggang. Selama puluhan tahun, restoran cepat saji ini terus mengembangkan usahanya hingga kini cabangnya mencapai 1000 cabang.

2. Di Indonesia dibuka pada tahun 2014

Sedih!  10 Tahun di Indonesia, Carl's Jr Umumkan Tutup Semua TokoCarl's Jr pertama kali didirikan pada tahun 2014, dengan lokasi pertama di Bintaro Jaya Xchange Mall. Foto: Instagram @carlsjrindonesia

Berbeda dengan restoran cepat saji lain yang sudah melebarkan sayapnya di Indonesia, Carl's Jr baru masuk ke Indonesia pada tahun 2014. Berdasarkan kesuksesan Mahadaya, di bawah naungan PT Generasi Mutiara Bangsa, memperoleh hak eksklusif waralaba merek Carl's Jr Indonesia pada Juli 2013. , lapor mahadasha.co.id.

Januari 2014, diresmikan gerai Carl's Jr pertama yang berlokasi di Bintaro Jaya Xchange Mall. Mahadya kemudian melebarkan sayapnya ke salah satu kota besar di Indonesia yaitu Surabaya dengan membuka gerai Carl's Jr di Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Cabang ini adalah yang pertama beroperasi 24 jam.

Sejak didirikan di Indonesia, terdapat 7 cabang Carl's Jr, termasuk di Jakarta dan Surabaya. Konsep interior gerai Carl's Jr di Indonesia dibuat modern dan nyaman, sehingga pelanggan yang datang dapat menikmati suasana eksklusif.

Carl's Jr di Indonesia juga telah memperoleh sertifikasi halal sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat muslim.

3. Burger 'hangus' yang ikonik

Carl JrCarl's Jr memiliki menu burger ikonik yang dimasak dengan teknik charbroiled grilling. Foto: carlsjr.com / @carlsjrindonesia

Carl's Jr merupakan restoran cepat saji yang menawarkan menu burger ikonik. Menu burger di restoran cepat saji ini berbeda dengan burger di restoran lainnya.

Keistimewaan burger di Carl's Jr adalah penggunaan daging berkualitas dan teknik memasak yang berbeda. Meat patty di Carl's Jr diketahui menggunakan 100% daging sapi asli tanpa tambahan tepung.

Teknik memanggangnya juga istimewa, yakni menggunakan teknik charbroiled. Teknik memanggang daging dari atas dan bawah secara bersamaan untuk menghasilkan kematangan sempurna di setiap sisinya.

Menu utama di Carl's Jr adalah Western Beefbac Cheeseburger. berupa burger yang diisi dengan beef bac, keju, bawang bombay dan saus BBQ. Jika Anda menyukai keju, mereka juga menawarkan menu utama lainnya yaitu burger keju yang berisi patty daging, keju, acar mentimun, saus mustard, dan saus tomat.

Menu makanan di Carl's Jr. harganya hampir sama dengan menu restoran cepat saji. Mulai dari Rp 22.000 hingga Rp 58.0000.

Fakta menarik lainnya seputar Carl's Jr bisa dilihat di halaman selanjutnya!

Menonton video “Coastal Seafood Menawarkan Beragam Menu Seafood Cita Rasa Nusantara
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *