Jakarta

Seorang barista tidak menyangka akan bertemu pelanggan dengan sikap kasar seperti itu. Nasibnya diperparah dengan dilempari kopi oleh pelanggan karena hal tersebut.

Ada ungkapan “pelanggan adalah raja”. Artinya pelanggan mempunyai kekuasaan dan wewenang dalam hubungan bisnis. Oleh karena itu, perusahaan baik itu restoran, warung makan atau toko lainnya perlu fokus dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Sayangnya istilah ini sering disalahgunakan oleh sebagian pelanggan. Dalam keadaan tertentu, beberapa pelanggan mungkin merasa mereka bertanggung jawab. Apa pun yang dilakukannya dianggap benar, hingga mereka tidak menyadari bahwa sikapnya terkadang melenceng.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Melalui unggahan video di TikTok @Jjorlala, seorang wanita bernama Lala berbagi kisah seorang barista yang bertemu dengan pelanggan yang kasar. Lala mengungkapkan, barista yang melaporkan kisah tersebut saat itu sedang bekerja shift malam. Dia bersiap menutup kedai kopi sambil mengepel lantai.

Lima menit sebelum kedai kopi tutup, ternyata masih ada pelanggan di dalam. Mengetahui hal tersebut, barista ini pun bermaksud menginformasikan kepada pelanggan bahwa kedai kopi tersebut akan segera tutup.

Duh!  Barista Ini Kaget Pelanggannya Lempar Kopi Gara-Gara IniWanita ini menceritakan pengalaman seorang barista yang mempunyai pelanggan kasar. Foto: TikTok @Jjorlala

Barista ini mencoba berbicara kepada pelanggan dengan mengatakan, “Halo, saya di sini. Apakah Anda mencoba bersembunyi? Halo, saya melihat Anda.”

Namun sapaan sang barista tidak dibalas. Barista akhirnya menawarkan bantuan.

“Bagaimana saya bisa membantu?” kata barista perempuan ini.

Tak lama kemudian, pelanggan itu mendekatinya. Namun, dia tidak menyebutkan pesanan atau permintaan khusus apa pun, malah keberatan dengan barista tersebut. Pelanggan mengeluhkan pesanan kopinya yang dipesan sejak jam 6 pagi. Diakuinya setelah 12 jam kopi tersebut masih utuh karena rasa kopinya sangat tidak enak, lapor thedailydot.com.

“Selama 12 jam saya menikmati kopi terburuk yang pernah saya simpan di mobil saya,” keluh pelanggan tersebut.

Duh!  Barista Ini Kaget Pelanggannya Lempar Kopi Gara-Gara IniBerdasarkan keluhan sang barista, ia pernah dilempar kopi oleh seorang pelanggan. Foto: TikTok @Jjorlala

Mendengar keluhan tersebut, barista ini pun bingung dengan sikap pelanggannya. Barista itu bingung kenapa dia masih meminum kopi yang sebenarnya tidak dia sukai. Mengapa pelanggan tidak membuangnya saja?

Barista kemudian mencoba mencairkan suasana. Dia bertanya lagi kepada pelanggan tersebut apakah ada hal lain yang dapat dia lakukan untuk membantu. Pelanggan ini tidak berkata apa-apa, malah melemparkan cangkir kopinya ke arah barista. Pelanggan ini juga meminta pengembalian dana.

Diperlakukan seperti ini, Lala jelas sangat terkejut.

“Oh, Pak. Barang seperti itu tidak boleh dibuang begitu saja,” kata Lala kepada pelanggan tersebut.

BaristaMeski ada pepatah 'pelanggan selalu benar', terkadang sikap pelanggan sudah keterlaluan. Foto: Getty Images/Edwin Tan

Belum diketahui kelanjutan kekacauan di kedai kopi tersebut. Namun unggahan video Lala mendapat beragam tanggapan dari warganet. Banyak netizen yang memihak barista ini. Mereka merasa bahwa pelanggan tidak seharusnya berperilaku seperti ini.

“Tolong beritahu saya kamu tidak melakukan pengembalian dana. Hubungi polisi dan jangan hentikan dia datang,” komentar salah satu warganet.

Netizen lainnya pun berharap barista tersebut bisa mengusir pelanggan kasar tersebut.

“Tolong beritahu saya kamu menendangnya,” kata salah satu warganet.

Memang Lala tidak mengalami langsung pengalaman buruk tersebut. Namun, ia mengaku pernah bekerja sebagai barista. Dia tidak menyangka pelanggannya akan bersikap kasar.

Lala juga memberi keterangan pada unggahan videonya, “Aku tidak percaya ada pelanggan yang menganggap tidak apa-apa membuang makanan ke server, yang membesarkanmu.”

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]
(Aqr/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *