Jakarta

Saat berdiet, pola makan harus diubah agar proses penurunan berat badan berhasil. Agar tidak mudah lapar, Anda bisa mengendalikannya dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Diet untuk menurunkan berat badan kerap dilakukan banyak orang untuk mendapatkan tubuh langsing ideal. Dalam prosesnya, asupan makanan dan minuman harus tetap dijaga.

Melaporkan dari NDTV (20/12), Anda harus menjaga pola makan jika ingin cepat menurunkan berat badan. Asupan kalori biasanya dibatasi, namun hal ini justru membuat mereka merasa lapar.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology, Endocrinology, and Metabolism, hal ini terjadi karena tubuh mereka memproduksi hormon yang disebut ghrelin. Hormon ini membuat mereka merasa lapar dan sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan.

Untuk mengekang rasa lapar ini, mereka akhirnya makan lebih banyak. Sehingga menyebabkan masalah usus akibat terbentuknya gas yang tidak perlu.

Simrun Chopra, selaku ahli diet menjelaskan, menghindari makanan justru akan menimbulkan celah pada tubuh sehingga meningkatkan rasa lapar sepanjang hari.

Berikut 3 cara mengendalikan rasa lapar saat diet:

1. Sarapan Tinggi Protein

Cara mengendalikan rasa lapar saat dietCara mengendalikan rasa lapar saat diet Foto: Getty Images/iStockphoto

Menu sarapannya sangat beragam, dari yang sehat hingga yang berkalori tinggi. Namun yang baik untuk diet adalah menu sarapan yang mengandung protein tinggi.

Memulai hari dengan sarapan kaya protein tidak hanya membantu Anda tetap aktif sepanjang hari, tapi juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat mencegah rasa lapar yang tiba-tiba. Anda bisa makan telur, ikan dan lain-lain.

2. Minum Air Putih

Air sangat baik untuk menghidrasi tubuh. Setiap hari, minumlah air putih minimal 8 gelas atau sekitar 2 liter.

Saat berdiet, penting juga untuk minum air secara teratur. Minum air putih juga bisa membuat Anda merasa kenyang. Disarankan untuk minum minimal segelas air putih untuk mengurangi rasa lapar dan menghindari makan berlebihan.

Menonton video “Punya Resolusi Diet di Tahun 2023? Simak Tips Sukses
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *