Jakarta

Kopi memang terkenal dengan manfaatnya dalam meningkatkan energi, namun nyatanya kopi mempunyai manfaat lain yang menyehatkan termasuk untuk kulit. Salah satunya bisa menghilangkan selulit lho!

Kopi banyak diharapkan sebagai minuman penambah semangat, fokus dan energi yang diminum di pagi hari. Hal ini karena kafein dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, kopi juga memiliki manfaat untuk kulit. Mengutip Healthline (7/8/2018), kopi mengandung antioksidan bernama fenol yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Manfaat kopi untuk kesehatan kulit bisa didapat dari konsumsinya dan dioleskan pada kulit. Berikut informasinya:

1. Memberikan efek menenangkan

Kopi dikenal karena efek stimulasinya pada tubuh. Tak hanya itu, jika diaplikasikan pada kulit, kopi juga memberikan efek positif yaitu menenangkan. Hal ini karena kandungan antioksidan pada kopi.

2. Manfaat anti penuaan

Tidak menjadi tua adalah dambaan setiap orang. Untuk manfaat anti penuaan, kopi juga bisa menjadi pilihan yang baik. Caranya adalah dengan mengoleskan bubuk kopi langsung ke kulit untuk mengurangi kemerahan, garis halus dan flek hitam akibat sinar matahari pada kulit.

Sebuah penelitian juga menemukan hubungan antara konsumsi kopi dan pengurangan efek photoaging. Jadi memanfaatkan kopi dari dalam dan luar bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Mengurangi selulit

makanan untuk mengatasi selulitFoto: iStock

Selulit merupakan masalah kesehatan bagi banyak orang. Keberadaan selulit bisa dikurangi dengan menggunakan scrub kopi pada kulit. Kafein dalam kopi mempunyai efek melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Kondisi ini bisa membantu mengurangi munculnya selulit.

Penggunaan scrub kopi juga memiliki manfaat lain seperti menghaluskan kulit dan memberikan warna kulit yang merata.

4. Vitamin B-3 untuk mencegah kanker kulit

Kopi kaya akan vitamin B3 (niasin), berkat pemecahan senyawa utama yang disebut trigonelline. Namun, trigonelin terurai menjadi niasin setelah biji kopi disangrai.

Menurut Skin Cancer Foundation, niacin mungkin berguna dalam mencegah kanker kulit non-melanoma dan dapat menghambat pertumbuhan kulit lainnya.

Lebih detailnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *