Jakarta

Ayam panggang utuh tidak cocok. Biar rasanya enak dan teksturnya juicy, ikuti tips dari chef Chandra Yudasswara berikut ini!

Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai resep. Salah satu menu yang populer dan mudah dibuat adalah menu ayam panggang utuh. Sama seperti kalkun panggang, ayam panggang utuh ini juga tidak sulit untuk dibuat.

Chef selebriti pemilik banyak restoran, Chef Chandra, memberikan resep membuat ayam panggang utuh spesial untuk Natal. Ayam bakar ini nantinya akan menjadi menu di salah satu restoran miliknya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berikut beberapa tips membuat ayam panggang utuh yang mudah dilakukan.

1. Pilih ayam negara segar

Penjual ayam di Pasar Desa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan, Klaten, Rabu (14/6/2023).Pastikan Anda mendapatkan ayam segar dari penjual yang terpercaya. Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Pastikan Anda mendapatkan ayam segar dari penjual yang terpercaya. Untuk mendapatkan ayam yang benar-benar segar dan berkualitas.

“Kalau beli di pasar ya harus pilih. Kalau ayamnya banyak diserbu serangga, sebaiknya dihindari. Lagi pula, kalau pagi ke pasar, sore harinya kualitasnya akan berubah. ,' kata chef Chandra.

Ayam yang terlalu lama dijual di warung-warung pasar tradisional berpeluang terkontaminasi. Sebaiknya pilih ayam utuh dalam bentuk karkas atau tanpa kepala dan kaki.

2. Mengetahui ciri-ciri ayam segar

Ciri-ciri daging ayam segar terlihat dari tampilannya. Ayam segar adalah ayam yang tidak berbau busuk atau anyir. Perhatikan juga warna kulitnya.

“Warna kulitnya tidak biru atau kehijauan. Ayam segar warnanya putih cerah dan agak kemerahan. Kalau biru kehijauan kurang enak,” ujarnya.

Selain itu, tekstur dagingnya kencang dan dagingnya lentur. Setelah membeli ayam utuh, segera simpan di lemari es atau suhu sejuk.

“Jika dibeli dan dibawa dalam waktu lama saat bepergian, kualitasnya juga bisa menurun,” kata chef yang juga memiliki banyak usaha memasak ini.

Menonton video “Nasi Campur Sultan hingga Pizza Lezat di Chef Chandra's Bar & Bistro
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *