Jakarta

Nasi ayam salah satu masakan favorit orang semarang. Jika Anda berada di Semarang, jangan lewatkan jajanan nasi lezat yang satu ini. Berikut 5 rekomendasi tempat makan nasi ayam.

Apakah Anda sedang berada di Semarang dan ingin makan enak? Anda layak mencoba nasi ayam khas Semarang. Tampilannya mirip dengan nasi liwet Solo, namun kuah mlekohnya lebih gurih.

Nasi ayam semarang seperti nasi rames yang ditemani aneka sayur dan lauk pauk. Biasanya berupa ayam cincang, sayur labu berbumbu, telur rebus, krecek, dan areh yang merupakan kuah santan kental.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Di Semarang banyak sekali pilihan tempat makan nasi ayam yang enak. Berikut rekomendasinya:

1. Nasi Ayam Bu Nyoto

Nasi Ayam Bu NyotoFoto: detikcom

Dijuluki legenda, Nasi Ayam Bu Nyoto didirikan pada tahun 1970. Warungnya terletak di Jalan MT. Haryono, Peterongan. Nasi ayam di sini dijual dalam dua sesi yaitu pagi (06.30-09.00) dan sore (17.30-21.00).

Banyak orang yang mencari Nasi Ayam Bu Nyoto yang enak karena rasanya yang enak. Porsi Rp 18 ribu diisi nasi, ayam cincang, sayur labu kuning, telur rebus dan tahu, serta ditaburi kuah santan.

Nasi ayam juga masih disajikan dengan pincuk daun pisang. Jika ingin menambahkan lauk, di sini Anda bisa menemukan ayam pengap dan aneka lauk sate.

2. Nasi Ayam Bu Pini

Nasi Ayam Bu Pini;  Rekomendasi nasi ayam enak di semarangFoto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Nasi Ayam Bu Pini juga sering direkomendasikan sebagai tempat menikmati lezatnya nasi ayam. Warung ini terletak di kawasan Pecinan Semarang, tepatnya di Gang Pinggir No. 75, Kranggan, Semarang Tengah.

Ruang makannya nyaman karena merupakan restoran yang bersih dan terang. Seporsi nasi ayam mulai dari Rp 10 ribu termasuk topping ayam cincang, tahu bacem, telur rebus, krecek, sayur labu, lalu ditaburi kuah santan yang nikmat.

Rasa Nasi Ayam Bu Pini sungguh nikmat, apalagi jika ditambah dengan berbagai lauk pauk seperti bakwan goreng, martabak telur, dan risoles. Nasi Ayam Bu Pini buka mulai pukul 06.00-21.30.

3. Nasi Ayam Puan Wido

Sedang mencari kuliner malam yang enak di Semarang?  Kunyah saja nasi ayam Puan WidoFoto: Andi Annisa DR/detikfood

Rekomendasi selanjutnya adalah Nasi Ayam Bu Wido di Jalan Melati Selatan. Warung makan ini buka pada sore hari mulai pukul 15.30 hingga 23.00. Ada juga yang buka pada pagi hari, namun beralamat di Jalan Karanganyar No 29B.

Sejak tahun 1960-an, Nasi Ayam Bu Wido sudah memanjakan lidah. Nasi ayam disiapkan di hadapan pembeli dan diisi dengan nasi, telur, ayam cincang, tahu bacem, labu siam, dan krecek. Terakhir taburi dengan kuah opor dan areh.

Untuk tambahan lauknya termasuk variasi sate dengan harga Rp 4 ribu per tusuk. Pilihan satenya antara lain telur muda, urin, telur puyuh, empedu, hati, usus, jantung, limpa dan kulit.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *