Jakarta

Kacang-kacangan merupakan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Dari sekian banyak jenis kacang-kacangan yang ada, berikut 7 jenis kacang-kacangan yang paling menyehatkan.

Kacang merupakan makanan yang sangat bergizi. Kacang kaya akan lemak sehat, serat dan protein yang membantu dalam upaya diet.

Mengumpulkan Kesehatan Pria (19/12/2023), ahli gizi Melissa Halas-Liang mengatakan beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung senyawa anti inflamasi, omega 3, antioksidan, serta vitamin dan mineral.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Saat mengonsumsinya, sebaiknya pilih jenis kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. Porsi yang disarankan adalah sekitar segenggam per hari.

Dari sekian banyak jenis kacang-kacangan yang ada, berikut 7 jenis kacang-kacangan yang paling sehat menurut para ahli:

1. kenari

Kacang kenari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya mengurangi risiko depresi. Hal tersebut terungkap dalam penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrient.

Mereka yang rutin makan kenari ditemukan memiliki tingkat gejala depresi 26% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak makan kacang. Kacang jenis ini bisa dimakan langsung atau dijadikan smoothie karena akan memberikan tekstur yang creamy.

2. Pistachio

pistachioFoto: iStock

Kacang tersehat berikutnya, pistachio, memiliki kalori paling rendah dibandingkan kacang lainnya. Pistachio juga kaya akan serat. 1 ons (28 gram) pistachio mengandung 3 gram serat.

Halas-Liang juga menjelaskan bahwa pistachio kaya akan antioksidan, termasuk lutein dan zeaxanthin. Keduanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan jantung.

3. kacang pecan

Kemiri mungkin kurang dikenal masyarakat Indonesia. Kemiri memiliki bentuk lonjong dengan tekstur keriting. Dibandingkan jenis kacang lainnya, kacang pecan memiliki kandungan karbohidrat paling rendah.

Kacang ini merupakan sumber alami senyawa beta-sitosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Pecan biasanya dibuat menjadi pai atau dicampur dengan oat.

4. Kacang almond

sekelompok almond dari mangkuk kayu dengan latar belakang kayuFoto: Getty Images/iStockphoto/onairjiw

Kacang almond populer diolah menjadi 'susu' karena memiliki kandungan kalsium paling tinggi. Selain itu, kacang ini juga kaya akan vitamin E, antioksidan, dan zinc.

Pria yang ingin meningkatkan kebugarannya juga disarankan untuk rutin mengonsumsi kacang almond. Kacang ini juga baik dijadikan camilan diet karena mengandung protein tinggi yang mampu mencegah rasa lapar datang dengan cepat.

Lebih detailnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *