semarang

Alih-alih di pasar tradisional, jajanan desa ini ditawarkan di toko kecil kekinian. Berikut 100 pilihan kue produk UMKM.

Di tengah munculnya masakan kekinian, kue tradisional Indonesia masih menjadi favorit. Bahkan, kini banyak toko modern dan kekinian yang menawarkannya.

Seperti di kawasan Wotgandul, Semarang, Anda akan menemukan toko bernama Bakoel Djajan. Sesuai dengan namanya, toko kue kecil ini menawarkan jajanan khas Indonesia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Tokonya kecil sekali, letaknya di pojok, namun di dalamnya banyak menjual jajanan tradisional dengan berbagai varian. Harga terjangkau, mulai dari Rp 2.500.

Bakoel DjajanSemarangBakoel Djajan Semarang Foto: detikcom/Riska Fitria

Toko kue yang terletak di Jalan Wotgandul Timur No 2 ini milik pasangan Puspita Dewi dan Thio Yoshua. Bakoel Djajan baru dibuka pada 23 November 2023.

Ada alasan mengapa wanita lulusan BA Akuntansi ini memutuskan untuk berjualan kuih tradisional. Menurutnya, keberagaman manisan Indonesia menjadi salah satu alasannya.

“Sejak kecil saya besar di keluarga yang suka jajanan. Menurut saya masakan Indonesia sangat menarik, tidak pernah mengecewakan dan membuat kenyang,” kata Puspita Dewi saat dihubungi detikcom (24/12/23).

Tak hanya itu, ketertarikannya terhadap jajanan pasar juga membuat mimpinya membuka toko kue menjadi kenyataan. Apalagi ia mempunyai hobi membuat aneka kue.

Bakoel DjajanSemarangBakoel Djajan Semarang menawarkan 100 jajanan tradisional. Foto: detikcom/Riska Fitria

Puspita Dewi mengatakan, ada sekitar 100 jenis jajanan tradisional yang tersedia di Bakoel Djajan setiap harinya. Harga mulai dari Rp 2.500.

Mulai dari getuk, wajik, kuih saya, putu mayang, jualan pisang, talam, hingga varian lezat seperti lemper, risol, pastel, emping, kerupuk dan masih banyak lagi.

“Favorit di toko kami adalah klepon kami yang ada gula merah cair, talam original, ketan durian, siomay ayam, ayam ngoyang, dan lain-lain,” ujarnya.

Bakoel DjajanSemarangBakoel Djajan Semarang juga menawarkan produk UMKM. Foto: detikcom/Riska Fitria

Produk-produk tersebut ada yang merupakan bagian dari produk kita sendiri, ada pula yang diambil dari produk UMKM lain. Konsepnya di sini ada deposit penjualannya juga, kata Puspita.

“Untuk jajanan pasar saat ini kami masih bekerja sama dengan pemasok UKM, namun untuk roti atau pastry kami produksi sendiri,” lanjut Puspita.

Bakoel Djajan buka pada hari Senin – Sabtu pukul 06.00-15.00 dan pada hari Minggu pukul 06.00-12.00. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi Instagram @bakoeldjajansemarang.

Menonton video “Nona Ketjil, Toko Kue dengan Jajanan Pasar Cantik dan 'Solokan'
[Gambas:Video 20detik]
(rak/audio)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *