Jakarta

Susu kedelai merupakan produk yang diekstraksi dari kacang kedelai dengan menggunakan air. Susu kedelai dapat dijadikan alternatif pengganti susu sapi. Apalagi bagi Anda yang mengalami intoleransi atau tidak bisa mencerna laktosa dari susu sapi. Selain itu, ada beberapa manfaat susu kedelai yang tidak kalah dengan susu sapi.

Susu kedelai termasuk dalam minuman sehat karena kaya akan protein. Kandungan susu kedelai membantu memenuhi kebutuhan nutrisi manusia. Oleh karena itu, meminum susu kedelai setiap hari akan memberikan manfaat yang melimpah.

Penasaran apa saja manfaat susu kedelai? Simak penjelasannya dibawah ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kandungan Nutrisi Susu Kedelai

Susu kedelai mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut kandungan nutrisi susu kedelai seperti dikutip dari situs BBC Good Food. Dalam 100 ml susu kedelai tanpa pemanis tambahan terdapat:

  • 26 Kkal/108 KJ
  • 2,4 gram protein
  • 1,6 gram lemak
  • 0,5 g karbohidrat
  • 0,5 gram serat
  • 120 mg kalsium
  • 0,4 mcg vitamin B12

Manfaat Susu Kedelai

Dikutip dari laman Real Simple and Livestrong, berikut beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Susu kedelai mengandung senyawa fitokimia bioaktif seperti isoflavon dan saponin. Pada isoflavon terdapat genistein yang mampu melawan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, susu kedelai juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

2. Meningkatkan Energi

Susu kedelai merupakan protein nabati yang mengandung kesembilan asam amino esensial, sehingga kandungan proteinnya lengkap. Protein ini baik untuk menjaga dan meningkatkan energi dalam tubuh sepanjang hari.

Selain itu susu kedelai juga mengandung vitamin B yang baik untuk menunjang pertumbuhan, perkembangan, metabolisme dan meningkatkan energi.

3. Meningkatkan massa otot

Untuk meningkatkan massa otot, dibutuhkan 1,6 gram protein per kilogram berat badan per hari, saat melakukan latihan ketahanan. Minum susu kedelai setiap hari merupakan cara efektif meningkatkan massa otot. Hal ini karena susu kedelai mengandung banyak protein.

4. Meredakan Gejala Menopause

Manfaat susu kedelai berikutnya adalah mampu meredakan gejala menopause. Dikutip dari laman Healthline, susu kedelai mengandung fitoestrogen, yaitu senyawa alami dari tumbuhan yang berperan seperti hormon estrogen. Senyawa ini bermanfaat dalam mengurangi beberapa gejala menopause.

5. Meredakan Peradangan

Peradangan merupakan salah satu gejala yang muncul akibat infeksi dan cedera. Peradangan jangka panjang dapat meningkatkan risiko diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, konsumsi susu kedelai secara rutin dapat membantu mengurangi peradangan. Pasalnya susu kedelai mengandung protein yang berperan sebagai anti inflamasi.

6. Membantu Meredakan Rasa Sakit

Manfaat susu kedelai lainnya adalah membantu meredakan nyeri, terutama nyeri rematik. Artritis adalah pembengkakan pada persendian. Sering terjadi karena faktor usia.

Susu kedelai mengandung asam lemak dan kalsium yang baik untuk meredakan radang sendi. Asam lemak yang terdapat pada susu kedelai, akan membantu meredakan peradangan sendi, misalnya pada rheumatoid arthritis.

7. Membantu mengatasi anemia

Susu kedelai mengandung kalsium dan zat besi yang baik untuk mengatasi anemia. Zat besi bermanfaat dalam meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan meningkatkan produksi sel darah merah, maka daya tahan tubuh akan meningkat.

8. Membantu perkembangan janin dan bayi

Manfaat minum susu kedelai setiap hari juga baik untuk ibu hamil dan menyusui. Kandungan yang ada pada susu kedelai dapat membantu perkembangan janin dan bayi. Hal ini karena susu kedelai mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.

9. Mengatasi Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penimbunan lemak yang terjadi di arteri. Mengonsumsi susu kedelai bermanfaat untuk mengobati aterosklerosis. Pasalnya kandungan di dalam susu kedelai mampu memperlambat pengendapan lemak.

10. Membantu Mengatasi Masalah Kulit

Selain untuk kesehatan, susu kedelai juga bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit. Susu kedelai mengandung vitamin E yang baik untuk menjaga kelembapan, elastisitas, dan pigmentasi kulit.

11. Mengurangi risiko kanker payudara

Susu kedelai ternyata bermanfaat menurunkan risiko kanker payudara! Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 oleh American Cancer Society, ada baiknya mengonsumsi susu kedelai untuk mengurangi risiko kanker payudara.

12. Mengurangi risiko kanker prostat

Selain menurunkan risiko kanker payudara, susu kedelai juga bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker prostat. Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada pria. Kanker prostat ditandai dengan gangguan saluran kemih. Minum segelas susu kedelai secara rutin dipercaya dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat.

13. Menjaga kesehatan tulang

Susu kedelai yang diperkaya biasanya mengandung tambahan vitamin D dan kalsium. Nutrisi ini berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tulang. Susu kedelai juga mengandung isoflavon yang bermanfaat mencegah pengeroposan tulang.

Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi susu kedelai, berat badan Anda akan tetap terjaga karena susu kedelai mengandung sedikit kalori.

Selain rendah kalori, susu kedelai kaya akan protein. Protein memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan, karena dapat meningkatkan rasa kenyang. Oleh karena itu, susu kedelai merupakan minuman rendah kalori yang baik.

15. Baik untuk kesehatan jantung

Susu kedelai bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi susu kedelai secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, susu kedelai juga mengandung kalsium yang baik untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

16. Pengganti Produk Susu yang Baik

Manfaat susu kedelai yang terakhir adalah dapat dijadikan alternatif pengganti susu sapi. Apalagi bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa. Namun susu kedelai yang digunakan harus memiliki nutrisi yang sebanding dengan susu sapi, terutama kandungan kalsiumnya.

Itulah 16 manfaat susu kedelai. Semoga bermanfaat!

Menonton video “3 Daerah dengan Konsumsi Telur-Susu Harian Tertinggi dan Terendah
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *