Jakarta

Selain menambah cita rasa dan aroma, mencampurkan kopi dengan beberapa bumbu juga dapat memberikan manfaat yang menyehatkan.

Kopi hitam merupakan pilihan kopi yang menyehatkan. Namun sayangnya, banyak orang yang kurang menyukai rasa kopi hitam yang cenderung pahit.

Oleh karena itu, kopi seringkali dicampur dengan bahan lain seperti gula, krimer, dan susu. Meskipun rasanya lebih enak, terlalu banyak gula dapat menghilangkan manfaat kopi itu sendiri.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih beberapa bumbu berikut untuk dicampurkan ke dalam campuran kopi Anda. Mulai dari jahe hingga kayu manis yang menjadikan kopi lebih nikmat dan memiliki banyak manfaat.

Dikutip dari Times of India (29/07/23) berikut 5 pilihan bumbu untuk meracik kopi.

1. Jahe

Kandungan kopi jahe yang baik untuk tubuhRamuan kopi jahe baik untuk tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Jahe merupakan salah satu jenis rimpang yang kaya akan nutrisi. Jahe kaya akan antioksidan bernama flavonoid, sehingga mampu berperan dalam melawan radikal bebas.

Selain itu, jahe juga mengandung oleoresin yang memberi rasa pedas pada jahe. Kandungan ini juga dapat meningkatkan cita rasa kopi. Cara membuatnya cukup dengan menambahkan jahe tumbuk ke dalam kopi seduh.

Atau bisa juga menggunakan bubuk jahe murni. Kopi jahe bermanfaat untuk meredakan mual dan menurunkan kolesterol.

2. Kayu Manis

Kayu manis memiliki rasa yang pedas dan sedikit manis. Bumbu ini cocok digunakan untuk meracik kopi karena akan menambah cita rasa. Selain itu, kayu manis juga kaya akan nutrisi.

Kayu manis mengandung antioksidan tinggi yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan energi. Cara membuatnya juga mudah.

Anda bisa memasukkan batang kayu manis ke dalam kopi, gunakan kayu manis sebagai pengaduk. Dengan begitu, kayu manis akan larut. Atau Anda bisa menggunakan bubuk kayu manis.

Menonton video “Mengenal Lempet Kakia, ikan langka yang terdapat di Nusa Penida
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *