Jakarta

Asam urat merupakan penyakit persendian yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Asupan makanan berhubungan dengan asam urat. Artinya ada beberapa makanan yang diharamkan bagi penderita asam urat, terutama makanan yang mengandung purin dalam kadar tinggi.

Lantas, apa saja makanan terlarang bagi penderita asam urat? Simak penjelasannya dibawah ini.

13 Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat

Diambil dari website Cleveland Clinic dan Mayo Clinic, berikut beberapa makanan yang dilarang bagi penderita asam urat:

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Daging Merah

Penderita asam urat harus membatasi asupan daging sapi, domba, dan babi. Secara umum daging merah mengandung purin lebih tinggi dibandingkan daging putih. Oleh karena itu, daging merah hanya boleh dimakan sesekali saja.

2. Organ dan Kelenjar Daging

Salah satu makanan pantangan bagi penderita asam urat adalah daging organ dan kelenjar. Jeroan memiliki kadar purin yang tinggi dan menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam darah.

3. Makanan Laut

Beberapa jenis makanan laut mengandung purin lebih tinggi dibandingkan lainnya. Contohnya termasuk ikan teri, kerang, sarden, dan tuna. Namun, manfaat konsumsi ikan secara keseluruhan mungkin lebih besar daripada risikonya bagi penderita asam urat.

Ikan dalam porsi sedang bisa menjadi bagian dari diet asam urat. Penderita asam urat perlu memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi berbagai jenis makanan laut.

4. Minuman dan Makanan Manis

Makanan atau minuman yang banyak mengandung gula bisa memicu asam urat. Batasi atau hindari makanan dan minuman tinggi gula, termasuk jus buah dan berbagai makanan kemasan.

5. Alkohol

Tidak semua minuman beralkohol mengandung purin yang tinggi. Namun, alkohol mencegah ginjal menghilangkan asam urat. Alkohol menarik asam urat kembali ke dalam tubuh. Hal ini menyebabkan asam urat terus menumpuk.

6. soda

Fruktosa dipecah dalam tubuh untuk melepaskan purin. Sirup jagung fruktosa tinggi, merupakan pemanis buatan, banyak ditemukan pada berbagai jenis minuman ringan, seperti soda.

Dikutip dari laman Arthritis Foundation, orang yang mengonsumsi minuman manis lebih besar kemungkinannya terkena asam urat. Oleh karena itu, penderita asam urat harus menghindari soda yang disajikan dalam berbagai bentuk.

7. Turki

Meski merupakan daging tanpa lemak, kalkun masih mengandung purin yang tinggi. Oleh karena itu, penderita asam urat sebaiknya menghindari makanan jenis ini. Jika Anda ingin mengonsumsi kalkun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait.

8. Ragi dan Makanan yang Diawetkan

Dikutip dari jurnal berjudul Kebiasaan Makan Makanan Purin Tinggi pada Pasien Asam Urat Rawat Jalan di Puskesmas Tuminting yang ditulis oleh Stevyna Barangmanise, Yani Karundeng, dan Yulandari Latif di Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado, ragi dan makanan yang diawetkan memiliki kandungan yang tinggi. purin. Oleh karena itu, ragi dan makanan yang diawetkan merupakan makanan pantangan bagi penderita asam urat.

9. Roti

Dikutip dari situs WebMD, semakin cepat suatu makanan meningkatkan gula darah, semakin buruk pengaruhnya terhadap kadar asam urat. Karbohidrat olahan seperti roti, biskuit, dan kue dapat menyebabkan gula darah naik dan berdampak buruk pada asam urat.

10. Sayang

Madu kaya akan fruktosa, pemanis alami yang melepaskan purin saat terurai di tubuh Anda. Mengonsumsi madu dalam jumlah sedikit boleh-boleh saja, namun harus diimbangi dengan makanan rendah fruktosa lainnya. Sebelum mengonsumsi madu, pastikan berkonsultasi dengan dokter terkait.

11. Penambah Rasa Makanan

Dikutip dari situs Kesehatan, bumbu dan bumbu yang berbahan dasar produk hewani memiliki kandungan purin yang tinggi. Penderita asam urat perlu membatasi penggunaan obat penambah rasa yang juga mengandung bahan pengawet.

12. Makanan Ultra Olahan

Makanan ultra-olahan seperti makanan cepat saji dan makanan ringan kemasan dapat meningkatkan peradangan. Hal ini dapat memperburuk gejala gangguan peradangan seperti asam urat.

13. Biji-bijian

Dikutip dari Healthline, biji-bijian seperti gandum dan oat mengandung purin dalam jumlah sedang. Biji-bijian utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan obesitas.

Meski memiliki banyak manfaat, namun mengonsumsi biji-bijian utuh bisa berisiko bagi penderita asam urat. Oleh karena itu, penderita asam urat harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsi biji-bijian

Tentu saja makanan yang dilarang bagi penderita asam urat harus dihindari. Namun, jangan sampai penderita asam urat mengalami kekurangan nutrisi yang berisiko bagi kesehatannya. Tentunya dibarengi dengan konsultasi rutin dan penerapan pola hidup sehat.

Menonton video “7 Alasan Ilmiah Mengapa Tidak Dianjurkan Makan Daging Babi
[Gambas:Video 20detik]
(garis/garis)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *