Jakarta

2023 akan berakhir. Laporan Year in Review detikcom mengungkap 5 tempat makan yang paling banyak dicari pembaca detikfood. Berikut daftar lengkapnya!

Sepanjang tahun 2023, banyak event kuliner yang akan berlangsung. Beberapa di antaranya memang menyita perhatian, seperti perseteruan yang viral, kejadian tak terduga, hingga tempat makan yang banyak dibicarakan.

Year in Review tahun ini detikcom mengungkap Top Places to Eat. Daftar ini mengungkap 5 artikel tempat makan paling viral karena banyak dibaca pembaca detikfood sepanjang tahun 2023.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pilihan tempat makan pembaca detikfood ternyata didominasi oleh tempat makan mie, tempat makan legendaris, dan masakan ayam. Salah satunya mungkin menjadi favoritmu!

Berikut 5 tempat makan yang paling menarik perhatian pembaca detikfood di tahun 2023:

1. Bakmi Perahu 38 & Makanan Cina

Tersembunyi di gang, kedai Bakmi Bangka ini jadi incaran para pekerja kantoranSembunyi di gang, kedai Bakmi Bangka ini jadi incaran para pekerja kantoran Foto: detikFood

Bakmi Bangka 38 & Chinese Food adalah restoran permata tersembunyi yang terletak di gang. Lokasi sebenarnya adalah Gg. 2, RT.8/RW.1, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi.

Meski berada di dalam gang, tempat makan ini selalu ramai dikunjungi, terutama saat jam makan siang. Pembelinya sebagian besar adalah pekerja kantoran dari gedung sekitar. Menu utama di sini adalah mie Bangka yang dibandrol dengan harga Rp 18 ribu per porsi. Kalau pakai topping lengkap Rp 23 ribu.

Mie di sini istimewa karena buatan sendiri. Teksturnya lebih kental, namun tetap melar. Beragam menu Chinese food populer juga tersedia di sini, seperti fuyunghai, capcay, dan kwetiau.

2. Toko Roti Gelora

Gelora Bakery 'Old School Bakery' yang populer pada tahun 80an hingga sekarangGelora Bakery 'Old School Bakery' yang populer pada tahun 80an hingga sekarang Foto: detikFood

Pembaca detikfood sangat tertarik untuk mengetahui tempat makan yang sudah lama berdiri alias legendaris ini. Salah satu buktinya artikel Gelora Bakery sangat populer.

Toko roti di Gang Obat, Bali Mester, Jakarta Timur ini sudah ada sejak tahun 1950 dan populer di tahun 80an. Lokasinya 'tersembunyi' di gang sempit dan padat penduduk. Pemiliknya saat ini adalah generasi kedua, Ridwan Wiryadinata.

Gelora Bakery menawarkan berbagai macam roti tua yang dibuat tanpa bahan pengawet. Menu utamanya terdiri dari roti tawar, roti manis, roti gandum, roti sobek, bahkan roti pisang. Ada juga kue mentega multi rasa yang sangat populer.

3. Mie Ayam ASUI

Berawal dari gerobak kecil, Bakmi Asui kini menjadi Bakmi Ayam Kampung yang melegenda di Jakarta BaratDari gerobak kecil, Bakmi Asui kini menjadi legenda Bakmi Ayam Kampung di Jakarta Barat Foto: detikFood

Banyak mie enak yang ada di Jakarta Barat, salah satu yang legendaris adalah Bakmi Ayam ASUI di Tanjung Duren. Restoran mie ini sudah ada sejak tahun 1958. Kini bisnis kuliner tersebut masih eksis dan dikelola oleh generasi ketiga yaitu Ko An Cun.

Katanya, dia sudah membantu kakeknya memasak mie sejak dia berumur 10 tahun. Bahkan sekarang mereka tetap menggunakan resep yang sama. Mie karet dibuat sendiri tanpa bahan pengawet.

Menu utamanya, mie ayam original harganya sekitar Rp 70 ribu. Di atasnya diberi telur muda, hati dan empedu, serta banyak daging ayam kampung. Kuahnya terasa kental karena terbuat dari ayam kampung tua.

Lebih jelasnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *