Jakarta

Sulit untuk menahan nafsu makan di tengah banyaknya makanan yang disajikan selama musim liburan. Agar perut Anda tidak membuncit, ikuti tips asupan makanan berikut ini.

Musim liburan adalah waktu untuk memanjakan keinginan dan selera Anda. Sulit untuk tetap menjalankan diet saat Anda berkumpul dengan keluarga dan menikmati makanan lezat bersama.

Tak bisa dimungkiri, mengonsumsi makanan berkalori tinggi berdampak cepat pada perut kembung saat liburan. Namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa makanan yang bisa membantu mengecilkan perut buncit.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Untuk menurunkan berat badan kembali, beberapa ahli gizi menyarankan tips asupan makanan tertentu. Menerapkannya saat berlibur sangat ideal untuk mengembalikan tubuh ke aktivitas dan rutinitas ideal setelah liburan.

Berikut 5 tips mengecilkan perut menurut Healthline:

5 Tips Makan Menghilangkan Lemak Perut Setelah Makan BanyakMakanan tinggi serat tidak hanya dapat melancarkan pencernaan tetapi juga mengurangi lemak perut. Foto: Getty Images/Anna Shkuratova

1. Makanan berserat tinggi

Ada dua jenis serat yang ditemukan secara alami dalam makanan, serat larut dan serat tidak larut. Serat larut tidak hanya melancarkan pencernaan tetapi juga mampu menyerap kadar lemak berlebih dalam tubuh.

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa serat dapat membantu menurunkan berat badan. Efek tersebut berasal dari kinerja serat yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan meminimalkan asupan kalori yang tidak perlu ke dalam tubuh.

Melalui observasi yang dilakukan peneliti, 1.100 partisipan dewasa diberikan serat larut sebanyak 10 gram per hari. Hasilnya, mereka mengalami pengecilan lambung hingga 3,7% selama 5 tahun pengamatan.

2. Hindari makanan berlemak

Asupan lemak tertinggi masih jatuh pada makanan dengan lemak jenuh. Lemak jenuh mudah menumpuk di dalam tubuh dan bersembunyi di perut dan sekitarnya.

Lemak jenuh tidak hanya terdapat pada makanan tetapi juga dipengaruhi oleh proses memasak dan campuran bahan. Misalnya pada gorengan atau yang ditambahkan margarin dalam pembuatannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan selama 6 tahun mencoba melihat efek konsumsi lemak jenuh dengan meneliti tubuh kera. Hasilnya adalah 33% monyet yang berpartisipasi mengalami kenaikan berat badan yang signifikan setelah mengonsumsi lemak jenuh dalam jumlah besar.

Tips makan lainnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Bikin Lapar: Ayam Panggang Empuk Lezat dengan Nasi Biru
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *