Jakarta

Saat berolahraga, banyak yang bingung menentukan waktu makan yang tepat. Ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan saat memutuskan kapan harus makan dan berolahraga.

Banyak melakukan olahraga bertujuan untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh ideal. Banyak praktisi fitnes yang kemudian merasa bingung kapan waktu makan yang tepat jika ingin berolahraga?

Efektivitas pembakaran lemak menjadi salah satu hal utama yang membuat banyak orang ingin mendapatkan waktu makan yang tepat. Ada yang berpendapat sebelum olahraga, ada pula yang berpendapat makan setelah olahraga adalah waktu yang lebih ideal.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ternyata menurut para ahli gizi waktu makan yang tepat, baik sebelum atau sesudah olahraga, ditentukan oleh beberapa faktor. Setidaknya ada lima aturan yang harus diperhatikan untuk mendapatkan waktu makan yang tepat saat menjalani program olahraga.

Berikut 5 aturan makan yang benar saat berolahraga menurut Glamour:

Ingin berolahraga?  Berikut 5 Aturan Waktu Makan yang BenarMakan sebelum berolahraga terbukti memberikan dorongan energi yang lebih besar. Foto: Getty Images/DjelicS

1. Menyediakan energi tambahan

Sebagian orang masih menganggap makan sebelum olahraga bisa membantu membakar kalori dengan segera. Sehingga diperhitungkan tidak akan menyebabkan tumpukan lemak dan kalori tertinggal.

Namun makan sebelum olahraga rupanya berfungsi sebagai asupan energi tambahan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh sebelum berolahraga menjadi sumber energi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan performa.

Salah satu hal terbaik untuk meningkatkan produksi energi adalah karbohidrat. Namun perlu diperhatikan juga bahwa karbohidrat yang dimasak harus rendah lemak, tinggi serat, dan karbohidrat sehat.

2. Meningkatkan kinerja dan pemulihan

Kunci performa olahraga yang maksimal adalah produksi energi yang cukup untuk melakukan semua level latihan. Saat tubuh menerima asupan makanan sebelum berolahraga, maka makanan tersebut akan langsung diolah menjadi energi untuk dibakar.

Ketika energi mencapai tingkat maksimal, tubuh akan lebih mudah menjalankan berbagai program olahraga dengan sempurna. Bahkan melakukan pengulangan pun akan mempermudahnya.

Selain memberikan energi, tubuh yang mendapat makanan sebelum berolahraga akan lebih mudah pulih. Otot yang rusak saat latihan dapat pulih lebih cepat dengan bantuan makanan padat karbohidrat sebelum berolahraga.

Aturan makan lainnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Kini Anda dapat berolahraga di mana saja bersama keluarga
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *