Jakarta

Ukuran sushi biasanya tidak lebih besar dari kepalan tangan, namun ternyata ada sushi terkecil di dunia. Ukurannya sangat kecil karena terbuat dari satu butir beras saja! Ini adalah ceritanya.

Sushi merupakan makanan Jepang yang terkenal di dunia. Sushi terdiri dari berbagai jenis seperti nigiri, sushi roll, dan gunkan. Ukuran rata-ratanya sedang, namun tidak lebih besar dari kepalan tangan.

Sushi dibuat dengan ukuran sedemikian rupa sehingga mudah dinikmati dalam satu gigitan. Namun ternyata, ada sushi yang ukurannya luar biasa besarnya. Misalnya saja sushi terkecil di dunia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Wow!  Sushi Terkecil di Dunia yang Dibuat dari Sebutir BerasHironori Ikeno di Sushiya no Nohachi membuat sushi terkecil di dunia. Foto: Facebook PLAYTOKYO

Menu sushi ini juga dibuat oleh koki sushi di restoran Jepang. Nama restoran yang menyajikannya, Sushiya no Nohachi di Asakusa, Tokyo.

Koki sushi di restoran tersebut, Hironori Ikeno, adalah pencipta kreasi sushi terkecil di dunia. Ikeno menjalankan bisnis restoran keluarganya yang berusia 49 tahun setiap hari. Ikeno merupakan generasi kedua, seperti dikutip dari Facebook PLAYTOKYO melalui Pusat Keanehan (26/12/2023).

Bukan tanpa alasan Ikeno membuat sushi terkecil di dunia. Ia menceritakan, suatu hari di tahun 2002 ada seorang pelanggan datang untuk makan di restorannya. Seperti biasa, dia mengajak pelanggan ngobrol dan tiba-tiba pelanggan bertanya.

“Seberapa kecil kamu bisa membuat sushi?” tanya pelanggan. Ikeno menjawab “sekecil sebutir beras”. Dia tidak berbasa-basi. Dia memang membuat sushi seperti sushi biasa, tapi semua komponennya dibuat secara mikro.

Untuk isian ikan, nori dan telurnya diiris kecil-kecil supaya bisa menempel di sebutir nasi. Ikeno sudah pandai dalam hal ini karena dia telah menyempurnakan keterampilan ini selama bertahun-tahun. Sushi dibuat dengan ikan atau makanan laut yang berbeda tergantung musim.

Wow!  Sushi Terkecil di Dunia yang Dibuat dari Sebutir BerasSushi terkecil di dunia dibuat hanya dengan satu butir beras. Foto: Facebook PLAYTOKYO

Namun, Ikeno mengakui pembuatan sushi terkecil di dunia membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan sushi biasa. Dibutuhkan ketelitian dan konsentrasi dalam menyatukan seluruh komponen untuk membuat sushi.

Itu sebabnya Sushiya no Nohachi hanya menyajikan sushi terkecil di dunia beberapa hari dalam seminggu. Frekuensinya tidak lebih dari 5 kali sehari. Namun, mereka memberikan pengecualian bagi wisatawan asing yang datang jauh-jauh.

“Saya punya pelanggan dari Swedia yang datang hanya untuk melihat sushi terkecil yang saya buat. Saat dia melihatnya, dia menangis kegirangan!” kata Ikeno.

Wow!  Sushi Terkecil di Dunia yang Dibuat dari Sebutir BerasDibutuhkan banyak konsentrasi untuk membuat sushi terkecil di dunia. Foto: Facebook PLAYTOKYO

Menariknya, sepiring sushi terkecil di dunia tidak bisa dibeli begitu saja. Menu ini 'bebas' dari membeli sushi biasa yang harganya sekitar USD 50 atau sekitar Rp 770 ribu.

Nah, buat kamu pecinta sushi yang ingin menikmati sajian berbeda, sushi terkecil di dunia ini patut dipilih! Ingin mencobanya?

(alamat/pergi)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *