Jakarta

Para TikToker yang seru memanfaatkan waktu mereka dengan disuguhi makanan oleh teman dan kekasih. Ini adalah etika yang baik ketika memperlakukan orang lain.

Makan malam biasanya diadakan pada waktu-waktu tertentu, misalnya perayaan ulang tahun hingga wisuda. Namun tak jarang orang-orang mentraktir kita dengan makanan saat jalan-jalan seperti biasa.

Kebiasaan ini merupakan suatu hal yang mulia. Namun sayangnya, beberapa orang kerap memanfaatkannya. Seperti yang sedang viral baru-baru ini.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Seorang TikToker mengaku kerap memanfaatkan saat teman dan kekasihnya mentraktirnya makan malam. Dia selalu memilih makanan yang belum pernah dia makan sebelumnya.

Diselenggarakan oleh seorang temanDisuguhi santapan oleh teman-teman Foto: iStock

Bahkan, Anda bisa makan hingga 5 kali sehari. Katanya dia ingin pulang dalam keadaan kenyang. Hal ini dilakukan karena dia tidak mempunyai cukup uang.

Sang TikToker pun banyak dikritik oleh warganet yang menyebutnya cuek. Sebenarnya ketika diperlakukan oleh orang lain ada tata krama yang perlu diperhatikan.

Hal tersebut diungkapkan seorang TikToker dengan akun @clarolinaw (28/12/23) melalui video TikTok yang dikonfirmasi detikFood (29/12/23).

Menurutnya, penting untuk mengenal diri sendiri meski memiliki teman yang suka mentraktir Anda makanan. Salah satu etikanya adalah berkontribusi.

Diselenggarakan oleh seorang temanAda etika saat makan bersama teman Foto: iStock

“Kalau berteman dengan orang yang punya uang dan sering dihibur, minimal ada uang untuk beli minuman, es teh, atau air mineral,” ujarnya dalam video tersebut.

Selain itu, penting juga untuk memberikan perlawanan ketika teman tersebut terus mentraktir Anda makanan. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak memanfaatkan waktu ini.

Lebih lanjut, TikToker yang memiliki 38,8 ribu pengikut ini juga disebut-sebut memesan makanan lebih murah dibandingkan orang yang melayani Anda.

“Jangan pesan yang lebih mahal dan jangan minta dikemas untuk dibawa pulang, ini sopan santun,” tegasnya.

“Aku bersyukur kalau punya teman yang suka mentraktirku makanan, tapi kamu juga harus tahu diri, karena setiap orang punya batasnya,” tutupnya.

Netizen pun banyak memberikan respons terhadap video tersebut. Banyak netizen yang setuju dengan pendapat mengenai adab dalam menyajikan makanan orang lain, baik itu teman atau kekasih.

“Aku setuju banget, mamaku selalu ajarkan kalau dapat kado, harus pesan yang paling murah. Kado yang lebih mahal nggak boleh,” tulis salah satu warganet.

“Aku sering minum obat tapi imbalannya aku masak lalu diberikan ke teman-temanku,” tulis netizen lainnya.

@clarolinaw

Terkadang lingkungan membuat kita tidak sadarkan diri karena terbuai

♬ suara asli – gratis alumni ms

Menonton video “Nikmati masakan khas Timur Tengah dengan bumbu otentik di Medan
[Gambas:Video 20detik]
(rak/audio)



Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *