Jakarta

Gudeg merupakan masakan tradisional khas Jawa yang berasal dari Yogyakarta atau Jogja. Namun makanan ini juga populer di daerah lain. Salah satunya di Jakarta.

Hal ini terbukti dengan adanya beberapa rumah makan gudeg enak dan legendaris di Jakarta yang menjadi favorit warganya. Beberapa tempat telah beroperasi selama puluhan tahun dan masih eksis hingga saat ini.

Dengan cita rasa khas, nikmat yang tidak berubah sejak zaman dahulu, beberapa rumah makan gudeg di Jakarta selalu ramai dikunjungi pengunjung. Ada juga pengunjung yang menjadi pelanggan setia.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Lantas dimana saja tempat makan gudeg enak dan legendaris di Jakarta? Simak sarannya pada uraian berikut ini.

Gudeg Enak dan Legendaris di Jakarta

Berikut rekomendasi tempat makan gudeg legendaris dan enak di Jakarta:

1. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro terkenal dan melegenda di kota asal gudeg, Jogja. Restoran ini telah berdiri sejak tahun 1925 dan dirintis oleh Ibu Tjitro Sastrodiprodjo sendiri. Kini usaha Gudeg Bu Tjitro diwariskan kepada keturunannya.

Di Jakarta, Gudeg Bu Tjitro juga tak kekurangan peminatnya. Cabang di Jalan Margasatwa Baru No.23, Jagakarsa, Jakarta Selatan ramai dikunjungi pengunjung. Restoran ini buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB. Harga menu gudegnya mulai dari Rp 20.000.

2. Gudeg Bu Harjo

Berikutnya ada Gudeg Bu Harjo yang sudah ada sejak tahun 1960. Kini usaha gudeg ini sudah dikelola secara turun temurun.

Seporsi nasi gudeg krecek mulai dari Rp 21.000. Selain itu ada pula masakan seperti baceman, ayam desa cincang, buntelan talas, dan daging empal.

Gudeg Bu Harjo terletak di dalam Cikini Gold Center, tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur No. 7. Rumah makan gudeg yang sudah lama menjadi ikon di Cikini ini buka mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

3. Gudeg Pejompongan

Gudeg Pejompongan di Jakarta juga sudah ada sejak tahun 1964. Lokasinya di Jalan Bendungan Hilir Blok G2 No. 15, Tanah Abang dan dapat dikunjungi mulai pukul 07.30-19.30.

Restoran gudeg legendaris ini menyajikan beragam menu, mulai dari gudeg, krecek, opor ayam, baceman, hingga buntil dan sambal. Harga yang ditawarkan cukup masuk akal, mulai dari Rp 20.000 saja.

4. Gudeg Jogja Bu Tinah

Masih ada lagi rumah makan gudeg di Jakarta yang melegenda dan menjadi favorit beberapa tokoh, seperti Megawati, Erick Thohir, hingga mendiang Soeharto. Nama tempatnya Gudeg Jogja Bu Tinah.

Gudeg Bu Tinah yang konon berdiri sejak tahun 1970 ini terletak di kawasan Stasiun Gondangdia, tepatnya di Jalan Srikaya II, Jakarta Pusat.

Menu yang disajikan di Gudeg Jogja Bu Tinah cukup lengkap dan rasanya enak. Ada gudeg, krecek, tempe, tahu bacem, dan opor. Harga menunya juga masuk akal.

5. Gudeg Pak Atmo

Lalu ada Gudeg Pak Atmo yang berlokasi di Jalan Gandaria 1 Persil 2, Kramat Pela, Kebayoran Baru. Restoran ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Warung Gudeg Pak Atmo ini kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1963. Menu yang disajikan antara lain nasi gudeg dengan tambahan lauk, nasi rames, nasi timbel, dan nasi minyak. Rasa khas masakannya tidak terlalu manis dan agak lembab. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 25.000.

6. Gudeg Yogya Ibu Sudji

Restoran gudeg enak dan legendaris selanjutnya adalah Gudeg Yogya Ibu Sudji. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1962. Lokasinya berada di Jalan Dr. Sahardjo, Tidak. 11C, Manggarai, Jakarta Selatan.

Menu yang ditawarkan di Gudeg Yogya Ibu Sudji lengkap mulai dari gudeg, krecek, ayam, buntil, baceman, hingga jeroan. Harga mulai dari Rp 15.000 untuk lauk pauk saja, dan mulai Rp 20.000 untuk nasi bungkus.

7. Gudeg Kandjeng

Terakhir ada Gudeg Kandjeng yang berlokasi di Jalan Hang Tuah X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Meski tergolong baru dibandingkan lainnya, rumah makan gudeg yang berdiri sejak tahun 2008 ini bukannya tanpa pelanggan.

Di restoran ini, menu yang disajikan terkenal dengan kelezatan dan kelezatannya. Mulai dari gudeg, krecek, tahu bacem, tempe, mangut lele, garang asem, sambal tumpang, bahkan ayam.

Itulah daftar restoran gudeg legendaris dan enak di Jakarta yang bisa Anda kunjungi.

Menonton video “Bikin Lapar: Cobain Gudeg Srikandi Khas Jogja di Tangerang Selatan
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *