Jakarta

Malam tahun baru enaknya mengadakan barbeque (BBQ) bersama keluarga atau teman. Namun bagi sebagian orang, pesta BBQ merupakan hal yang menakutkan. Terlalu banyak makan daging akan menyebabkan kolesterol naik.

Untuk mengantisipasi naiknya kadar kolesterol, Anda juga bisa menyiapkan 'obat'. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman penurun kolesterol. Minuman ini juga bisa menjadi santapan lezat dan menyehatkan.

Minuman Penurun Kolesterol yang Lezat

Dilansir dari Medical News Today, berikut 7 minuman lezat penurun kolesterol yang cocok diminum usai pesta BBQ:

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Smoothie Berry

Buah berry seperti stroberi, blueberry, blackberry, raspberry, mampu menurunkan kadar kolesterol karena kaya akan antioksidan dan serat. Buah beri ini juga rendah kalori dan lemak.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan dua genggam buah beri atau sekitar 80 gram dengan air dingin dan ½ cangkir susu rendah lemak atau yogurt rendah lemak.

2. Jus tomat

Tomat mengandung likopen yang dapat meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kolesterol LDL. Selain dijadikan lauk, tomat juga bisa dijadikan jus yang nikmat

3. Teh Hijau

Minuman nikmat lainnya adalah teh hijau yang mengandung senyawa katekin dan antioksidan. Ini dapat membantu menurunkan kadar LDL dan kolesterol total.

Para peneliti mengatakan asupan teh hijau yang lebih tinggi dikaitkan dengan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah. Menurut penelitian tahun 2021, teh hitam mungkin juga memiliki efek positif terhadap kolesterol.

4. Minuman kedelai

Kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Anda bisa mengganti lemak jenuh dengan berbagai olahan kedelai untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kedelai juga bisa diolah menjadi minuman, misalnya saja susu kedelai. Ada banyak produk susu kedelai yang bisa Anda santap setelah pesta BBQ.

5. Minuman Kakao

Apakah menurut Anda minuman kakao atau dark chocolate mengandung kolesterol tinggi? Minuman ini sebenarnya mengandung kolesterol baik atau HDL yang tinggi dan menurunkan LDL atau kolesterol jahat sehingga enak dikonsumsi.

Namun jika Anda membeli produk minuman coklat, perhatikan kadar nutrisi pada kemasannya dan pastikan tidak mengandung lemak jenuh. Batasi juga tambahan gula dan garam saat mengonsumsinya.

6. Minuman Gandum

Selain minuman berbahan kedelai dan dark chocolate, Anda juga bisa menyajikan minuman gandum atau oat yang mengandung beta-glukan.

Kandungan tersebut mampu membuat zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Serat larut ini dapat mencegah penyerapan kolesterol dan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

7. Smoothie Susu Nabati

Yang terakhir adalah minuman smoothie susu nabati. Gunakan bahan nabati untuk membuat smoothie ini. Misalnya pisang, anggur, plum, mangga, semangka, kangkung, bayam atau labu kuning. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan susu kedelai atau susu oat.

Itulah 7 minuman penurun kolesterol yang cocok diminum setelah BBQ. Tetap sehat di malam tahun baru dengan hidangan lezat!

Menonton video “ Si Juru Masak: Resep Minuman Penambah Imunitas Chef Martin Praja
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *