Jakarta

Salah satu cara merayakan tahun baru adalah dengan berkumpul bersama keluarga di rumah. Sambil ngobrol santai dan bercanda, menyantap menu makanan tertentu biasanya sangat cocok untuk melengkapi perayaan tahun baru.

Menu apa yang cocok dihidangkan saat kumpul keluarga di malam tahun baru? Simak rangkaian menu malam tahun baru yang bisa Anda nikmati di rumah pada uraian di bawah ini.

Ada beberapa menu yang enak disantap saat perayaan tahun baru di rumah. Berikut ide menunya:

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Panci Panas

Sup panas seperti hot pot sangat cocok dinikmati di malam tahun baru. Cara membuat hot pot juga cukup mudah. Menu ini bisa dimasak dengan cara merebus semuanya sekaligus dalam panci besar atau merebusnya ala restoran menggunakan kompor kecil.

Isian hot pot bervariasi sesuai selera. Anda bisa menambahkan aneka bakso ikan, stik kepiting, udang, cumi, kerang, bahkan irisan daging sapi. Sejumlah sayuran seperti jamur, wortel, sawi, bahkan mie atau bihun juga bisa ditambahkan.

Selain isiannya yang bermacam-macam, kuahnya juga bisa bermacam-macam. Misalnya sup tom yum, mala, miso atau kolagen.

2. Ikan Bakar

Menu panggang bisa dibilang identik dengan malam tahun baru. Bahan baku makanan yang bisa dibakar, misalnya ikan. Jenis ikan yang bisa dibakar seperti ikan gurami, ikan bawal, nila, baronang, dan ikan ayam.

Sebelum dipanggang, ikan bisa diberi perasan jeruk nipis agar tidak amis dan campuran bumbu tertentu untuk menambah rasa. Setelah matang, ikan bakar paling enak disantap dengan nasi hangat dengan saus sambal atau kecap manis.

3. Sate ayam

Sate juga cocok dijadikan menu makanan di malam tahun baru. Cara membuatnya juga cukup sederhana, yaitu dengan memotong ayam menjadi kubus lalu menusuknya dengan tusuk kayu. Kulit ayam juga bisa ditambahkan untuk membuat sate lebih enak.

Setelah itu, ayam yang sudah ditusuk bisa dibumbui dengan kecap sambil dipanggang. Jangan lupa satenya dibalik agar bisa matang sempurna. Setelah matang, sate ayamnya kemudian bisa dinikmati dengan kuah kacang yang kental dan beraroma.

4. Kacang rebus

Ada pula menu jajanan yang cocok menemani malam tahun baru, yaitu kacang rebus. Cara membuat kacang rebus juga cukup mudah. Yang terpenting adalah menyiapkan jenis kacang yang ingin digunakan. Bisa berupa kacang atau edamame.

Selanjutnya biji kopi dapat dibersihkan dari segala kotoran yang menempel hingga bersih. Kemudian Anda bisa langsung merebusnya hingga empuk dalam panci berisi air asin. Setelahnya, kacang rebus bisa langsung disantap sebagai camilan sambil ngobrol.

5. Daging panggang

Malam tahun baru juga cocok untuk memanggang atau memanggang daging. Alat yang digunakan untuk memanggang dapat berupa wajan pemanggang di atas kompor portable atau pemanggang arang.

Daging yang digunakan untuk memanggang biasanya berupa daging sapi tipis atau steak. Namun makanan laut seperti gurita, cumi dan kerang juga bisa digunakan. Sebelum dipanggang, daging bisa dibumbui untuk menambah rasa.

6.Nasi Liwet

Saat kumpul keluarga di malam tahun baru, makanan berat seperti nasi liwet juga bisa disantap bersama. Nasi liwet merupakan makanan khas Sunda yang terdiri dari nasi wangi dengan berbagai lauk pauk.

Nasi Liwet memiliki tekstur nasi yang lebih empuk dan harum karena dalam proses pembuatannya digunakan berbagai bahan dan bumbu seperti serai, daun jeruk purut, daun salam, dan santan.

Beberapa lauk pendamping nasi liwet yang cocok disantap bersama adalah pepes, ikan asin, cumi asin, lalapan, dan sambal.

Cara penyajian menu ini juga cukup unik, yakni di atas daun pisang yang di atasnya disusun nasi dan lauk pauknya.

7. Jagung Panggang

Jajanan lain yang identik dengan malam tahun baru adalah jagung bakar. Membuatnya sendiri cukup mudah. Pertama-tama siapkan bahan utamanya yaitu jagung manis. Kupas dan bersihkan dari kotoran yang menempel.

Selanjutnya jagung bisa langsung dipanggang di atas panggangan. Jangan lupa oleskan mentega dan bumbu pedas atau manis untuk menambah cita rasa. Pastikan juga jagung tidak gosong.

8. Ayam Panggang

Selain dijadikan sate, daging ayam juga bisa dibakar atau dibakar langsung. Ayam yang digunakan bisa berupa beberapa potong daging, fillet, atau ayam utuh. Menu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak menyukai daging sapi, ikan atau daging lainnya.

Untuk mendapatkan aroma yang enak dan rasa yang enak, daging ayam perlu dibumbui terlebih dahulu. Bumbu yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, merica, ketumbar, dan cabai yang ditumbuk halus lalu dioleskan ke seluruh bagian ayam.

Setelah itu, ayam bisa dipanggang di atas bara panas dengan menggunakan pemanggang atau menggunakan pemanggang hingga matang sempurna.

Itulah daftar makanan untuk menu malam tahun baru di rumah, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan.

Menonton video “ Tips Membuat Kue Klepon Mentega Spesial Chef Agung
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *