Jakarta

Pernahkah Anda membayangkan sayuran terkecil di dunia? Sayuran bernama mankai menyandang predikat sayuran terkecil di dunia. Ada banyak fakta unik di baliknya.

Beragamnya ukuran benda yang ada di dunia mungkin membuat banyak orang penasaran. Rumah terbesar, lautan terluas, gunung tertinggi, bahkan makanan terbesar dan terkecil di dunia.

Ternyata ada sayuran hijau yang ukurannya sangat kecil namun padat nutrisi. Sayuran ini tumbuh subur terapung di Asia Tenggara.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Bentuknya yang unik dikatakan para ahli menyimpan nutrisi yang padat. Bahkan, sayuran bernama mankai ini kerap diolah menjadi suplemen kesehatan.

Berikut 5 fakta sayuran terkecil di dunia menurut Real Simple:

5 Fakta Mankai, Sayuran terkecil di dunia yang memiliki banyak manfaatMankai disebut sayuran terkecil karena ukurannya tidak lebih dari 0,5 milimeter. Foto: Istimewa

1. Mengenal mankai

Mankai merupakan salah satu jenis rumput dengan nama ilmiah Wolffia globosa. Mankai hidup terapung di genangan air dan bercirikan memiliki empat daun lebar.

Ternyata tanaman ini mempunyai sejarah panjang tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Sejak ratusan tahun lalu, ternyata Mankai telah dijadikan makanan, baik bagi hewan maupun manusia.

Ukuran mankai tidak pernah lebih besar dari 0,50 milimeter. Nenek moyang kita memanfaatkan tanaman ini sebagai sumber protein nabati yang dimakan secara rutin setiap hari.

2. Bagaimana cara mengolahnya

Mankai didistribusikan dalam berbagai bentuk. Namun sayuran ini tidak dijual di supermarket bersama dengan sayuran lainnya, mankai lebih banyak dipasarkan melalui toko makanan kesehatan offline dan online.

Ada beberapa jenis mankai yang beredar di pasaran yaitu mankai segar, bubuk, beku, dan cair. Keadaan mankai yang sudah diolah dinilai lebih nyaman bagi penggunanya.

Hal ini dikarenakan mankai lebih sering digunakan sebagai bumbu alami. Misalnya ditambahkan pada smoothies, dicampur dengan keju, ditambahkan pada sup, roti, penyedap salad, kue, atau bahkan saus sebagai pelengkap makanan.

Fakta selengkapnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Fakta Makan Jengkol Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal, Benarkah?
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *