Jakarta

Kopi tidak hanya menawarkan manfaat bagi kesehatan tubuh secara umum, namun juga bagi kesehatan otak. Inilah alasannya!

Banyak yang meminum kopi karena khasiatnya yang dapat meningkatkan energi dan membuat Anda lebih waspada. Selain manfaat tersebut, kopi juga memiliki manfaat baik lainnya termasuk meningkatkan kesehatan otak.

Minum kopi dikaitkan dengan manfaatnya dalam menjaga fungsi otak dan meningkatkan daya ingat. Bagi sebagian orang, kopi dikenal sebagai sumber antioksidan nomor satu. Fitokimia antioksidan kuat dalam kopi dapat membantu memblokir oksidasi otak dan meminimalkan efek penuaan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ada beberapa komponen lain dalam minuman ini yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Jika penasaran dengan senyawa, simak penjelasannya berikut ini, seperti dirangkum dari foodnetwork.com (10/01).

1. Asam klorogenat mengurangi risiko penurunan kognitif

5 Cara Membuat Kopi Lebih Sehat untuk Usus, Gunakan Bahan-Bahan Ini!Asam klorogenat dalam kopi menawarkan manfaat untuk mengurangi risiko penyakit otak, seperti demensia. Foto: Getty Images/iStockphoto/Luis Echeverri Urrea

Asam klorogenat (CGA) adalah senyawa polifenol yang kuat dan protektif. CGA merupakan salah satu komponen utama kopi yang memberikan efek positif pada fungsi otak.

Menurut beberapa penelitian seperti disebutkan Food Network, konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko demensia dan penurunan kognitif di kemudian hari. Seperti penelitian yang dilakukan oleh FINE dan CAIDE.

Dalam studi CAIDE, peneliti mengamati sekitar 1.400 orang dan menemukan bahwa minum 3 hingga 5 cangkir kopi per hari dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan penyakit Alzheimer di kemudian hari.

Tinjauan terhadap 94 penelitian yang muncul dalam European Journal of Nutrition juga menemukan bahwa komponen anti inflamasi CGA pada kopi merangsang pembentukan neuron yang sehat dan mampu mencegah pembentukan kelompok protein amiloid di otak.

Asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik untuk menjaga aliran nutrisi ke otak tetap stabil. Ini juga membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah untuk mencegah stroke dan meningkatkan aliran darah otak.

2. Kafein dapat meningkatkan serotonin

Sering Minum Kopi Bisa Cegah 5 Penyakit Kronis Ini, Apa Saja?Kafein dalam kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan mental. Foto: Getty Images/iStockphoto/airdone

Salah satu senyawa utama dalam kopi adalah kafein. Kafein dikenal manfaatnya dalam meningkatkan produksi hormon serotonin. Bahan ini mengatur banyak fungsi otak, dan dosis harian serotonin dapat bermanfaat bagi kesehatan mental.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Food Network menemukan bahwa lebih dari satu juta orang mengaitkan konsumsi kopi berkafein dengan penurunan risiko penyakit Parkinson pada pria. Sebuah studi di Journal of Alzheimer's Diseases juga menemukan efek perlindungan yang lebih kuat dari kafein terhadap penurunan kognitif pada wanita dibandingkan pada pria.

Namun perlu diingat bahwa kafein dalam minuman lain tampaknya tidak memiliki manfaat kognitif yang sama dengan kafein dalam kopi. Perlu diingat juga, jika kafein membuat sebagian orang gelisah, cemas, dan menyebabkan insomnia, berarti manfaat kopi tidak lebih besar daripada dampak negatifnya.

3. Kafein dapat mempertajam daya ingat

5 Cara Membuat Kopi Lebih Sehat untuk Usus, Gunakan Bahan-Bahan Ini!Kafein pada kopi juga diketahui dapat mempertajam daya ingat seseorang. Foto: Getty Images/iStockphoto/Luis Echeverri Urrea

Selain meningkatkan produksi hormon serotonin, kafein dalam kopi juga diketahui dapat mempertajam daya ingat.

Mengutip ottencoffee.co.id, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan manfaat kafein yang mampu mempertajam daya ingat. Jika seseorang mengonsumsi kafein, 24 jam kemudian, daya ingatnya lebih tajam.

Kafein telah terbukti meningkatkan kualitas sirkuit memori di otak manusia. Jadi, Anda bisa bekerja lebih maksimal dalam mengingat sesuatu.

Senyawa kopi lainnya yang baik untuk kesehatan otak dapat dilihat di halaman berikut!

Menonton video “M. Aboe Talib Kedai Kopi Tabanan Menyajikan Kopi Susu Saring Sejak Tahun 1940
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *