Jakarta

Pecinta makanan manis pastinya mendambakan makanan kesukaannya. Namun jika berlebihan tentu tidak baik. Untuk meredam keinginan makan yang manis-manis, cobalah 5 makanan ini.

Beberapa orang, terutama penyuka makanan manis, seringkali memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan seperti coklat, kue, permen, cookies, dan lain-lain. Hal ini wajar karena setiap individu memiliki keinginan alami terhadap makanan manis.

Karbohidrat sederhana, yaitu gula, dapat mencerahkan area otak yang melepaskan endorfin, atau hormon perasaan senang. Makanan manis, seperti permen, juga diasosiasikan dengan makanan penutup yang menyenangkan. Alhasil, banyak orang yang kerap mendambakannya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Masalahnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis yang banyak mengandung tambahan gula bukanlah hal yang baik. Menurut data konsumsi pangan nasional di Amerika Serikat, rata-rata orang dewasa saat ini mengonsumsi sekitar 17 sendok teh gula tambahan per hari. Takaran tersebut setara dengan 270 kalori atau 68 gram gula pasir.

Sementara itu, American Heart Association merekomendasikan agar wanita membatasi konsumsi gula tambahan hingga 6 sendok teh sehari. Sedangkan untuk pria, batasannya adalah 9 sendok teh gula.

Menurut sebuah penelitian yang dilaporkan oleh Nutrition Research and Practice, seseorang dengan asupan gula tambahan yang lebih tinggi mungkin mengalami peningkatan risiko efek negatif terhadap kesehatan. Hal ini juga membawa risiko kematian.

Untuk menghindarinya, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan. Makanan ini bisa memuaskan hasrat makan yang manis-manis namun efeknya jauh lebih menyehatkan. Merangkum eatthis.com (28/12), berikut daftarnya:

1. Cokelat hitam

Kopi Hitam dan Cokelat Hitam Disebut Lebih SehatCokelat hitam merupakan pilihan yang baik karena memiliki kadar kakao tinggi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Foto: Getty Images/iStockphoto

Cokelat hitam atau dark chocolate adalah pilihan makanan penutup terbaik. Cokelat hitam ini adalah pilihan yang bagus untuk melawan keinginan Anda akan sesuatu yang manis.

Cokelat hitam memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi sehingga antioksidannya juga lebih tinggi. Antioksidan ini membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Jika Anda ingin mengonsumsi dark chocolate, Anda bisa mencari dan membeli dark chocolate yang mengandung setidaknya 70% kakao. Namun perlu diingat, coklat hitam ini sebaiknya dimakan secukupnya agar kalori harian tetap terkendali.

2. Buah segar

Tipe kepribadian berdasarkan apel, pisang, dan nanas.Buah-buahan seperti apel, berry, dan jeruk menjadi pilihan tepat jika ingin mengonsumsi makanan manis alami. Foto: iStock

Beberapa buah memiliki rasa manis alami. Diketahui bahwa sebagian besar buah-buahan mengandung gula alami yang disebut fruktosa. Fruktosa dapat meningkatkan kadar gula darah, meski tidak secepat gula sederhana.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah dapat membantu menghilangkan rasa ngidam gula. Buah-buahan dengan gula alami antara lain beri, apel, jeruk, dan anggur.

Serat pada buah juga akan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat sehingga semakin meningkatkan kepuasan dalam menaklukkan nafsu makan.

3. Permen yogurt

kombinasi yoghurt yang pas di lidah.Yogurt juga dapat mengekang keinginan untuk makan makanan manis lainnya. Namun, penting untuk memilih yogurt Yunani tanpa rasa. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Anda bisa mengurangi keinginan makan makanan manis dengan beralih ke yogurt. Yogurt mengandung protein berkualitas tinggi, kalsium, dan banyak nutrisi lainnya. Menurut penelitian dari University of Missouri, mengonsumsi makanan kaya protein seperti yogurt dapat mencegah ngidam makanan manis.

Hal ini karena protein membantu memperlambat pencernaan, yang pada gilirannya membantu mengurangi pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Jika ingin mengonsumsi yogurt, sebaiknya pilih yogurt tawar atau yogurt Yunani yang sumber proteinnya lebih tinggi dan tidak mengandung tambahan gula.

Saran suguhan manis sehat lainnya dapat ditemukan di halaman berikutnya!

Menonton video “Misteri Kecintaan Masyarakat Jawa terhadap Makanan Manis
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *