Jakarta

Ampas kopi seringkali menjadi masalah sampah yang sulit diatasi. Ternyata sebelum dibuang, ampas kopi bisa bermanfaat di dapur rumah.

Saat menyeduh kopi sendiri di rumah, banyak komponen yang harus disiapkan. Alat, bahan, dan ruang yang cukup untuk menyeduh kopi di rumah.

Tugas besar yang muncul setelah menyeduh kopi adalah membersihkan seluruh peralatan setelah digunakan. Salah satu pekerjaan terbesar yang harus diemban adalah menangani ampas kopi, terutama saat menyeduh kopi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Tingginya intensitas minum kopi di rumah tentunya berkaitan dengan meningkatnya limbah bubuk kopi yang menumpuk di rumah. Ternyata ampas kopi tidak hanya bisa menjadi limbah tapi bisa digunakan untuk membersihkan dapur sesuai anjuran para ahli.

Baca juga: 10 Es Krim Unik Rasa Cabai hingga Foie Gras Beku

Berikut 5 manfaat kopi bubuk untuk dapur rumah menurut Food Revolution:

Jangan dibuang!  Inilah 5 Manfaat Ampas Kopi untuk Keperluan DapurAmpas kopi bisa dijadikan pupuk alami untuk tanaman di rumah. Foto: Getty Images/Larisa Stefanuyk

1. Pupuk alami

Berfungsi sebagai dekorasi untuk menyentuh suasana alam, tanaman indoor tetap membutuhkan asupan mineral. Ampas kopi yang diblender bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman di rumah.

Caranya cukup pisahkan bubuk kopi dari campuran kopi yang sudah jadi. Siram secara merata pada tanah dekat tanaman di sekitar rumah.

Selain untuk tanaman di pekarangan, ampas kopi juga bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman dalam pot. Ampas kopi dapat dicairkan kembali dan cairannya disemprotkan pada batang dan akar tanaman.

2. Mengolah kompos

Beberapa rumah tangga sekarang menggunakan pengolahan kompos mereka sendiri. Pengomposan dari sisa makanan di dapur dapat mempermudah proses pengolahan sampah di rumah.

Untuk mempercepat proses pengomposan, dapat ditambahkan ampas kopi ke dalam wadah yang telah disiapkan. Kopi secara alami mengandung nitrogen, kalsium, dan kalium yang dapat memicu proses pengomposan lebih cepat.

Perbandingan hasil pengomposan menggunakan bubuk kopi dengan formula vermikultur dibuktikan melalui penelitian pada tahun 2009. Cacing yang dibutuhkan dalam proses pengomposan lebih memilih bubuk kopi sebagai makanannya.

Manfaat kopi bubuk lainnya ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Pasar Ikan Kedonganan Bali Dipenuhi Pembeli Jelang Tahun Baru 2024
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *