Jakarta

Nasi kuning merupakan nasi dengan berbagai lauk pauk yang populer di Indonesia. Ada beberapa versi nasi kuning yang ada di Indonesia, mulai dari Solo hingga Makassar.

Nasi kuning merupakan salah satu jenis nasi campur khas Indonesia yang mana nasi disajikan dengan berbagai macam lauk pauk yang membuat kenyang. Sesuai dengan namanya, nasi ini berwarna kuning karena kunyit digunakan sebagai bumbu nasi.

Dilihat dari sejarahnya, nasi kuning konon sudah ada sejak zaman kerajaan Hindu di Indonesia. Sebelumnya, nasi kuning hanya disajikan pada acara-acara tertentu sebagai simbol kekayaan, kemakmuran, dan rasa syukur kepada Tuhan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Meski berasal dari Pulau Jawa, namun nasi kuning sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Beberapa daerah mempunyai racikan nasi kuning yang unik. Itu dibedakan dari lauk pauknya.

Mengutip unggahan Instagram GNFI (30/12/2023) dan sumber lainnya, berikut 5 nasi kuning yang ada di berbagai wilayah Indonesia:

1. Nasi kuning solo

5 Nasi Kuning di Berbagai Daerah Indonesia, Istimewa Semua!Foto: Instagram infomakansolo

Nasi kuning solo sangat populer di Pulau Jawa dan mudah didapat di daerah lain. Nasi kuning ini biasanya disajikan pada saat hajatan, upacara syukuran, atau dijadikan tumpeng.

Nasi kuning solo bisa disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, orek tempe, irisan dadar, dadar, perkedel kentang, jantung kentang. Ada juga yang mencampurkan nasi kuning Solo dengan lauk bihun goreng, telur rebus, kentang kering, dan serundeng.

Ada beberapa tempat mencari nasi kuning enak di Solo. Salah satu yang terkenal, Nasi Kuning Bang Ro di Jalan Dr. Rajiman Nomor 128. Harga mulai Rp 10 ribu dengan lauk beragam mulai dari opor ayam, terong balado, hingga dadar. Makanan pendamping yang umum adalah acar dan saus sambal.

2. Nasi kuning Manado

Bagus sekali!  5 Nasi Kuning Manado Cakalang Rica hingga Sambal RoaFoto: Yenny Mustika Sari/detikfood

Nasi kuning khas Indonesia berikutnya berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Penyajiannya unik karena dibungkus dengan daun wajan atau daun kurma. Daun pandan juga ditambahkan pada nasi kuning ini agar lebih harum.

Pelengkapnya antara lain tuna, ikan cincang, ubi atau ubi kering, sambal, telur rebus, bihun dan taburan bawang goreng. Nasi kuning Manado mudah didapat di daerah asalnya.

Beberapa penjual nasi kuning terkenal dengan menunya yang lezat. Misalnya Nasi Kuning Sederhana sejak tahun 1968 di Jalan Dr Sutomo No. 3, Nasi Kuning Selamat Pagi sejak tahun 1974 di Jalan Sudirman No. 25, dan Nasi Kuning Saroja di Jalan Diponegoro.

3. Nasi kuning gorontalo

5 Nasi Kuning di Berbagai Daerah Indonesia, Istimewa Semua!Foto: Instagram Denispolapa

Di Gorontalo, warna nasi kuning dikenal lebih cerah. Lauk pauknya antara lain ayam cincang, bihun plus ikan cincang, dan irisan telur dadar.

Ada juga yang melengkapi nasi kuning Gorontalo dengan kentang kering dan telur rebus. Kemudian nasi kuning ini juga dilengkapi dengan kuah soto ayam yang membuatnya berbeda dengan nasi kuning kebanyakan.

Di Gorontalo, tempat makan nasi kuning enak yang terkenal nikmat adalah RM Sabar Menanti di Jalan Sutoyo. Bisnis nasi kuning ini sudah ada sejak tahun 1953. Nasi kuning di sini dilengkapi dengan potongan ikan tuna, taburan bawang merah goreng, serta kuah berisi bihun, telur rebus, dan ayam cincang.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *