Jakarta

Telur mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Khasiat telur diantaranya adalah dapat meningkatkan metabolisme, menghambat pertumbuhan bakteri, menurunkan resiko penyakit mata dan juga meningkatkan kadar kolesterol baik.

Namun, apa dampaknya jika telur dimakan setiap hari? Apakah ada dampak buruk jika telur dikonsumsi berlebihan?

Efek Makan Telur Setiap Hari

Menurut Healthline, American Heart Association merekomendasikan konsumsi 1 butir telur per hari untuk kesehatan yang baik. Di antara manfaat yang diterima adalah:

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Penurunan Berat Badan

Telur merupakan kombinasi protein dan lemak. Mengutip Times of India, jika dimakan setiap hari bisa membuat tubuh kenyang dalam waktu lama dan membantu menurunkan berat badan.

Waktu makan telur juga memainkan peran penting. Telur yang disantap saat sarapan dapat membuat perut terasa kenyang, menunjang metabolisme, dan mengontrol nafsu makan.

2. Memperkuat imunitas tubuh

Kuning telur mengandung vitamin D yang dapat membantu Anda pulih lebih cepat dari flu. Telur juga mengandung berbagai mineral dan vitamin sebagai penambah kekebalan tubuh yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Memberi Energi

Telur menjadi salah satu makanan yang cukup dikonsumsi di pagi hari untuk memulai aktivitas. Mengutip Parade, mengonsumsi telur setiap hari bisa membuat tubuh lebih berenergi setiap hari. Selain mencegah rasa lapar, kombinasi protein dan lemak dapat membantu meningkatkan energi.

4. Peningkatan Suasana Hati

Makan telur setiap hari meningkatkan mood Anda. Ada hubungan langsung antara nutrisi dalam telur dan kesehatan mental yang lebih baik. Menurut penelitian, terdapat hubungan antara konsumsi omega 3 seperti yang terdapat pada telur dan kesehatan mental yang lebih baik.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Jika dimakan setiap hari, telur dapat meningkatkan kesehatan kognitif. Sebab, telur mengandung semua nutrisi untuk kesehatan pikiran.

Kolin dalam telur sangat penting karena dapat mengurangi peradangan di otak dan mendukung komunikasi dan memori sel otak. Efek telur yang bisa mengendalikan nafsu makan juga akan membuat pikiran lebih fokus

Efek Makan Telur Berlebihan

Konsumsi telur memang memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh. Namun, Anda juga harus mewaspadai dampak buruk yang mungkin timbul akibat konsumsi telur berlebihan. Beberapa risiko yang dapat terjadi adalah:

1. Gangguan Pencernaan

Terlalu banyak mengonsumsi telur setiap hari dapat berisiko mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung. Umumnya gejala maag terjadi pada orang yang alergi telur.

2. Masalah Jantung

Sebuah penelitian di China menyebutkan bahwa mengonsumsi telur setiap hari dapat menurunkan kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular. Namun mengutip situs Eat This, Not That, mengonsumsi tiga atau empat butir telur setiap pagi akan memberikan efek negatif bagi tubuh.

Menurut sebuah penelitian tahun 2019, mengonsumsi lebih dari 300 mg kolesterol per hari dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular 17% lebih tinggi dan risiko kematian 18% lebih tinggi.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Ada kemungkinan terlalu banyak mengonsumsi telur dapat meningkatkan risiko diabetes. Menurut studi tahun 2009 dalam jurnal Diabetes Care, orang yang makan lebih dari tujuh butir telur dalam seminggu memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

4. Resistensi insulin

Telur mengandung lemak alami yang dapat mempengaruhi lonjakan gula darah. Hal ini dapat berdampak pada peningkatan resistensi insulin yang menyebabkan gula darah dalam tubuh tidak mampu digunakan sebagai energi.

5. Kolesterol Tinggi

Bila Anda terlalu banyak mengonsumsi telur, kadar kolesterol darah berpotensi meningkat. Pasalnya telur merupakan sumber lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Itulah beberapa risiko makan telur berlebihan setiap hari. Mengonsumsi telur dalam jumlah yang cukup harus diimbangi dengan makanan bergizi lainnya, untuk menghindari penurunan kesehatan.

Menonton video “Bikin Lapar: Kebab Telur Bebek yang Viral, Bagaimana Rasanya?
[Gambas:Video 20detik]
(garis/garis)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *