Jakarta

Mencari minuman mirip kopi tapi tanpa kafein? Kopi beras bisa menjadi pilihan. Itu dibuat dengan nasi panggang dan tanpa biji kopi sama sekali. Ini adalah keistimewaannya.

Beberapa orang mencari alternatif pengganti kopi karena sensitif terhadap efek kafein. Misalnya saja merasa gelisah, tidur malam terganggu, bahkan dada berdebar-debar.

Terakhir, mereka mencari kopi yang rendah kafein, seperti kopi tanpa kafein atau kopi dengan tambahan bumbu untuk meminimalkan efek kafein. Bahkan ada yang menciptakan minuman mirip kopi, namun dibuat tanpa biji kopi sama sekali.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Salah satunya adalah rice coffee atau kopi beras. Meski menyandang nama kopi, namun minuman ini dibuat tanpa biji kopi sama sekali. Bahan utamanya adalah nasi yang dipanggang dan diseduh.

Mengumpulkan Situs rumah (20/12/2023), kopi beras merupakan minuman populer di Filipina. Masyarakat setempat menyebutnya kapeng bigas. Mereka menyukai minuman ini karena selain menyerupai kopi, juga kaya nutrisi.

Kopi beras adalah minuman bebas kafein dan bebas gluten. Minuman ini paling enak dinikmati panas atau hangat. Biasanya disantap oleh mereka yang sulit tidur jika minum kopi biasa.

Kopi beras memiliki karakteristik nasi panggang yang utuh dan bersahaja. Konon rasanya seperti kopi medium roast yang diseduh dengan metode French press.

Manfaat dan cara membuat kopi beras

Terbuat dari nasi panggang, kopi beras merupakan alternatif pengganti kopi tanpa kafeinKopi beras diseduh dalam teko. Foto: Homegrounds

Dari segi manfaat kesehatannya, kopi beras baik untuk kesehatan fisik dan mental. Minuman ini meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, dan mengurangi rasa tidak nyaman pada perut.

Minum kopi beras juga dikatakan memiliki efek anti inflamasi. Manfaat lainnya adalah meningkatkan kualitas tidur dan membantu menekan nafsu makan. Kopi beras cocok disantap saat diet.

Jika ingin mengonsumsinya, kopi beras mudah dibuat sendiri. Bahan-bahannya antara lain nasi sushi, susu oat, dan gula merah. Siapkan juga teko untuk menyeduhnya.

Berikut langkah-langkahnya:

Terbuat dari nasi panggang, kopi beras merupakan alternatif pengganti kopi tanpa kafeinProses pembakaran beras. Foto: Homegrounds

1. Siapkan 1/4 cawan nasi. Anda bisa menggunakan nasi sushi, nasi merah Jepang, nasi putih biasa, atau jenis nasi lain yang Anda punya di rumah. Cuci bersih.

2. Panggang nasi dalam wajan dengan api sedang selama 10-30 menit. Aduk nasi dengan sendok kayu. Pastikan nasi berubah warna menjadi coklat tua dan hampir hitam.

3. Masukkan nasi yang sudah matang ke dalam teko. Tuangkan air panas untuk menyeduhnya. Biarkan selama 5 menit atau lebih jika ingin minuman lebih kental.

4. Tambahkan 1 sendok makan (sendok makan) gula merah ke dalam kopi beras. mencampur. Jika ingin menambahkan susu, Anda bisa menambahkan susu seperti susu sapi, susu oat, atau susu almond.

5. Kopi beras siap dinikmati. Cocok sebagai alternatif kopi bagi yang sensitif terhadap kafein.

Selain kopi beras versi Filipina, di Indonesia juga ada kopi beras yang dibuat dari biji kopi. Minuman ini bisa ditemukan di Desa Wisata Tetebatu Lombok.

Baca halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *