Jakarta

Meski dilakukan setiap hari, ternyata masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat menanak nasi. Seperti 5 kesalahan umum ini!

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Asia termasuk Indonesia. Sekilas memasak nasi terlihat mudah, apalagi jika menggunakan rice cooker, cukup menekan satu tombol saja.

Ternyata menurut para ahli, banyak kesalahan yang dilakukan saat menanak nasi secara tidak sengaja. Bahkan koki profesional pun dikatakan melakukan kesalahan saat memasak nasi yang tampaknya sederhana.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Penting untuk mengetahui cara menangani nasi sebelum dimasak. Selain itu, mengetahui cara memasak berbagai jenis nasi juga berpengaruh besar dalam menghasilkan nasi yang lebih pulen dan empuk.

Berikut 5 kesalahan memasak nasi yang sering dilakukan menurut Food NDTV:

5 Kesalahan Saat Menanak Nasi yang Sering Tidak Anda SadariSebelum dimasak nasi harus dicuci bersih agar hasilnya tidak lengket. Foto: Getty Images/Kanur Ismail

1. Jangan mencuci beras

Tak sekadar dibilas, beras perlu dicuci dengan cara yang benar. Banyak orang yang masih melakukan kesalahan meskipun sudah mencuci beras sebelum menanak nasi,

Beras yang tidak dicuci memiliki kandungan pati yang lebih padat. Akibatnya, nasi akan menjadi lebih lengket, seperti ketan saat dimasak.

Beras putih disarankan untuk dicuci 3-4 kali. Penggunaan air mengalir dengan suhu dingin akan menghasilkan nasi yang teksturnya lebih lembut dan ringan.

2. Perbandingan air yang tidak akurat

Kunci hasil nasi yang benar adalah perbandingan air dan nasi. Ada beberapa jenis beras yang mampu menampung air dan ada pula yang tidak.

Beras kedap air artinya nasi tidak akan empuk jika airnya terlalu banyak. Sedangkan nasi yang tidak berani menggunakan air berisiko menjadi lunak seperti bubur jika terlalu banyak air.

Oleh karena itu, penting untuk menentukan jenis nasi yang digunakan sebelum memasaknya. Pengukuran yang paling aman, seperti metode Indonesia lainnya, adalah dengan mengukur satu jari dari permukaan atas nasi.

Kesalahan lain saat memasak nasi ada di halaman berikutnya.

Menonton video “Memasak: Nasi Panggang Ikan Teri Daging Sapi Pete
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *