Jakarta

Selain makanan dan minuman, pola makan menjadi salah satu tren gaya hidup yang diprediksi akan terus populer di tahun 2024.

Memasuki awal tahun 2024, banyak prediksi mengenai makanan dan minuman yang disebut-sebut akan kembali menjadi tren atau akan terus populer di tahun ini. Begitu pula dengan pola makan yang berbeda.

Tren pola makan ibarat makanan yang selalu datang dan pergi. Hampir setiap tahunnya tren pola makan ini selalu berubah-ubah sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat saat itu.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Dilansir Times of India (05/01), ada beberapa pola makan yang diprediksi akan menjadi tren dan tetap populer sepanjang tahun 2024. Mulai dari pola diet keto hingga pola makan nabati.

Berikut lima tren diet yang diprediksi akan tetap populer di tahun 2024.

1. Diet Keto

5 Pola Diet Ini Akan Tetap Populer dan Populer di Tahun 20245 Pola Diet Ini Akan Tetap Populer dan Populer di Tahun 2024 Foto: iStock Ilustrasi

Ketogenik adalah istilah untuk diet rendah karbohidrat atau dikenal juga dengan diet keto. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan lebih banyak kalori dari protein dan lemak dan lebih sedikit dari karbohidrat.

Cara kerja diet keto adalah ketika seseorang mengonsumsi kurang dari 50 gram karbohidrat sehari, tubuh pada akhirnya akan kehabisan bahan bakar (gula darah) yang dapat digunakan dengan cepat. WebMD menulis bahwa diet ketogenik adalah diet jangka pendek yang berfokus pada penurunan berat badan daripada mengejar manfaat kesehatan.

Orang-orang paling sering menggunakan diet ketogenik untuk menurunkan berat badan, tetapi diet ini dapat membantu mengatasi kondisi medis tertentu seperti epilepsi dan juga dapat membantu penderita penyakit jantung, penyakit otak tertentu, dan bahkan jerawat.

2. Pola Makan Nabati

5 Pola Diet Ini Akan Tetap Populer dan Populer di Tahun 20245 Pola Diet Ini Akan Tetap Populer dan Populer di Tahun 2024 Foto: iStock Ilustrasi

Seperti namanya, pola makan nabati pasti mengutamakan makanan nabati. Bagi orang yang terbiasa mengonsumsi sumber protein hewani, tentu hal ini sangat menyiksa. Bukan hanya masalah psikologis saja, tapi juga tubuh yang harus beradaptasi dengan asupan makanan baru.

Pola makan nabati yang dilakukan secara rutin akan membuat tubuh lebih bugar, bonusnya berat badan ideal tanpa penumpukan lemak berlebih.

Di Indonesia sebenarnya banyak alternatif pangan yang berbahan dasar tumbuhan. Sebut saja tempe, tahu, jamur, dan oncom. Semua sumber protein tersebut bisa diolah menjadi berbagai makanan. Sekalipun Anda kreatif, makanan nabati akan memiliki rasa yang sama dengan sumber protein hewani.

3. Pola Makan Paleo

5 Pola Diet Ini Akan Tetap Populer dan Populer di Tahun 20245 Pola Diet Ini Akan Tetap Populer dan Populer di Tahun 2024 Foto: iStock Ilustrasi

Diet paleo merupakan pola makan yang memiliki pola makan serupa pada zaman Paleolitikum atau sekitar 2,5 juta tahun hingga 10.000 tahun lalu. Oleh karena itu, diet paleo dikenal juga dengan sebutan diet manusia purba.

Diet paleo biasanya mencakup daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan ini dimakan manusia purba dengan cara berburu.

Pada zaman Paleolitikum, manusia purba tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Nah, itulah pola makan yang diterapkan dalam diet paleo.

Dengan mengurangi asupan gula dan karbohidrat maka asupan energi akan berkurang sehingga diharapkan berat badan dapat turun.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *