Jakarta

Roti asam kembali populer setelah Roti Macan di Bandung viral. Roti yang Dibuat Melalui Proses Fermentasi Alami Dianggap Roti Sehat, Ini Manfaatnya!

Ada banyak jenis roti, asam keping salah satu yang populer. Roti ini telah melalui proses fermentasi yang panjang dengan menggunakan ragi asli.

Ciri-ciri asam jawa berbeda dengan roti biasa. Teksturnya lebih keras, rasa dan aromanya juga lebih kuat. Biasanya roti ini memiliki tampilan yang berlubang pada bagian dalamnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Laporan dari Eating Well (13/9/2023), roti penghuni pertama merupakan jenis roti yang menyehatkan, karena kaya nutrisi dan baik dikonsumsi saat diet. USDA menjelaskan, sepotong roti penghuni pertama (100 gram) mengandung 84 kkal, 16 gram karbohidrat, 1 gram serat, 3 gram protein, 1 gram lemak total, dan 187 miligram natrium.

Roti penghuni pertama ini juga dapat memenuhi kebutuhan harian asam folat 15 persen dan zat besi 7 persen. Menurut ulasan tahun 2018 di Food Science & Nutrition, proses fermentasi membantu membuat kalsium, fosfor, dan zat besi lebih banyak tersedia untuk tubuh.

Roti Sourdough sangat populer di dunia selama pandemi. Di Indonesia, banyak sekali toko roti rumahan yang menjual berbagai jenis roti penghuni pertama.

Roti ini kembali populer di Indonesia setelah ditawarkan oleh sebuah toko roti kecil di Bandung bernama Roti Macan. Asam dibuat dengan isian keju cranberry, coklat parmigiano, dan coklat ganda.

Roti Macan Viral di Bandung, Antri Bisa 2,5 Jam!Roti Macan Viral di Bandung, Antri Bisa 2,5 Jam! Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Menilik kandungan nutrisinya yang beragam dan menyehatkan, berikut 4 manfaat roti penghuni pertama:

1. Baik untuk Nyali

Sourdough, yang melalui proses fermentasi untuk membuat roti ini, mengalami peningkatan jumlah prebiotik dan probiotik. Kandungan zat ini terbukti baik untuk meningkatkan kesehatan usus, menurut penelitian tahun 2021 di jurnal Microorganisms.

Jika ingin merasakan manfaat lebih, pilihlah asam keping yang terbuat dari campuran gandum utuh. Karena memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan biji-bijian olahan.

2. Pencernaan Lebih Lancar

Roti penghuni pertama tidak diketahui bebas gluten. Namun, sebuah studi tahun 2021 di jurnal Foods menemukan bahwa makan roti penghuni pertama dapat membantu meningkatkan pencernaan gluten.

Proses fermentasi asam ini mengubah enzim dalam gandum dan berpotensi membantu melawan reaksi buruk terhadap gluten. Roti penghuni pertama ini juga membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Menonton video “ Bikin Lapar: Rela Antri untuk Berburu Roti Harimau Bandung yang Viral
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *