semarang

Tren makanan penutup terus berubah setiap saat. Lantas, apa saja tren makanan penutup tahun ini? Ini pendapat dari chef pastry eksekutif!

Makanan manis atau hidangan penutup dirasa mampu menutup rangkaian santapan dengan sempurna. Oleh karena itu, makanan penutup akan selalu dicari banyak orang.

Meski demikian, hidangan penutup ini tidak hanya cocok dinikmati sebagai hidangan penutup, namun juga sebagai camilan di waktu senggang. Saat ini perkembangan makanan penutup semakin beragam.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Di penghujung tahun 2023, akan banyak tren hybrid antara croissant dan bomboloni yang menghasilkan cromboloni. Di tahun 2024, tren makanan penutup pasti akan berubah.

Bar Gelato & Toko KueExecutive Pastry Chef Padma Hotel Semarang, Dedy Sutan Foto: detikcom

Seperti yang diungkapkan Executive Pastry Chef Padma Hotel Semarang, Dedy Sutan. Chef Dedy memprediksi tren dessert di tahun 2024 akan lebih 'kurang manis'.

“Mulai tahun ini rasanya kurang manis. Manisnya berkurang di beberapa cake, pastri, es krim, dan mungkin gelato,” ujarnya saat ditemui detikFood di Goolali, Hotel Padma Semarang (08/12/23).

Executive Pastry Chef yang memenangkan “Best Taste Award” di Final Asian Pastry Cup ini mengatakan rekan-rekan chef Italia-nya sedang mengembangkan bahan-bahan sehingga tidak menggunakan tambahan gula.

Bar Gelato & Toko KueGelato Bar & Patisserie Foto: detikcom

“Teman saya dari Italia juga membuat gelato. Mereka sedang mengembangkan bahan baku yang tidak menggunakan gula sama sekali. Jadi harus mencari alternatif lain untuk digunakan,” kata chef Dedy.

Selain itu, chef Dedy menjelaskan tentang pengganti gula yang lebih sehat yaitu menggunakan buah dan sayur.

“Manisnya dari mana? Ya, bisa dari buah atau sayur. Seperti stroberi misalnya. Di Semarang banyak perkebunan stroberi yang rasanya lebih manis,” kata chef Dedy.

Chef Dedi juga memanfaatkan stroberi lokal sebagai selai untuk hidangan penutupnya di Goolali, Padma Hotel Semarang.

“Jadi ya, menurut saya, tingkat kemanisan suatu makanan itu sangat penting, bahkan dalam makanan penutup, dan ini sedang digemari banyak orang,” pungkas chef Dedy.

Menonton video “Tren Pastry 2024 Menurut Chef Dedy Sutan
[Gambas:Video 20detik]
(rak/audio)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *