Jakarta

Teh peppermint dikenal menyegarkan dan menyehatkan. Namun, jika teh mint diminum setiap hari, apa efeknya bagi tubuh? Apakah ini baik atau buruk?

Selain kopi, teh juga menjadi minuman yang diminum setiap hari. Ada banyak sekali jenis teh yang ada di dunia, mulai dari teh hitam, teh putih, teh hijau, hingga teh yang terbuat dari daun herbal.

Teh herbal dikenal menyehatkan. Salah satu yang terkenal manfaatnya adalah teh daun mint. Minum teh pepermin bisa menenangkan dan menyegarkan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Berasal dari tanaman mint aromatik, tidak hanya merangsang indra, tetapi juga membawa sederet manfaat kesehatan yang potensial. Mulai dari membantu pencernaan hingga meredakan gejala masuk angin.

Daun mint sendiri termasuk dalam daun herbal termasuk mint dan spearmint. Untuk membuat teh pepermin, Anda cukup merendam daun segar atau kering ke dalam air mendidih dan menyeduhnya. Teh peppermint dapat disajikan panas atau dingin, manis atau polos.

Lantas, sehatkah minum teh peppermint setiap hari? Berikut faktanya seperti dirangkum dari eatwell.com (04/01/2024)

1. Kandungan nutrisi teh mint

Bahan teh hijau yang menyehatkan, bisa ditambahkan jahe, lemon, madu dan daun mint.Teh peppermint mampu mendatangkan beragam manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh peppermint merupakan salah satu teh yang sebenarnya bebas kalori. Daun mint juga merupakan sumber alami dari banyak nutrisi penting, lapor USDA. Ini juga mengandung vitamin A dan CC

Daun mint juga tinggi antioksidan. Namun antioksidannya akan berkurang jika diseduh.

Salah satu khasiat unik teh peppermint adalah kandungan mentolnya. Senyawa ini dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti meredakan masalah pencernaan dan membantu meredakan sakit kepala.

2. Teh peppermint meningkatkan pencernaan

peterseli, sage, thyme, mint, dan daun bawang tumbuh di tempat tidur kayu buatan sendiri di terasMinum teh daun mint dapat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Foto: Getty Images/iStockphoto/TG23

Yang terjadi pada tubuh jika meminum teh peppermint setiap hari adalah dapat melancarkan pencernaan. Beberapa manfaatnya didapat dari kandungan mentolnya. Senyawa organik ini memiliki efek antispasmodik, artinya membantu mengendurkan otot-otot saluran pencernaan dan memperlancar dan mempercepat transit makanan melalui sistem pencernaan.

Menurut Mount Sinai, daun mint merangsang aliran empedu yang pada gilirannya membantu pencernaan dengan memecah lemak. Itu sebabnya Anda perlu minum teh daun mint setelah makan.

3. Menyehatkan pernapasan

Meskipun hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa meminum teh pepermin berdampak besar pada kesehatan pernafasan karena kandungan mentolnya, Mount Sinai mencatat bahwa mentol dapat berfungsi sebagai dekongestan alami, yang berpotensi membantu memecah dahak dan lendir.

Manfaat teh peppermint juga dapat meredakan batuk kering dan sakit tenggorokan, memberikan rasa nyaman sementara saat sedang tidak enak badan.

Manfaat minum teh peppermint setiap hari serta kelebihan dan kekurangannya bisa dilihat di halaman berikutnya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *