Jakarta

Bukan wiski, Bourbon ini merupakan jenis biji kopi tertua di dunia. Kopi yang mempunyai sejarah panjang ini mempunyai ciri khas yang unik.

Selama ini kita hanya mengenal jenis kopi Robusta dan Arabika saja. Namun selain itu jenis kopi juga banyak macamnya, termasuk daerah asal dan ciri khasnya.

Setiap saat, jenis biji kopi semakin bertambah. Namun yang satu ini selalu menjadi favorit karena memiliki kualitas yang unggul. Kopi ini adalah kopi Bourbon.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Kopi yang disebut-sebut sebagai biji kopi tertua di dunia ini merupakan salah satu spesies kopi Arabika. Kopi ini berasal dari tanaman kopi Arabika Gourmet.

Kopi jenis ini mungkin masih asing di telinga karena sudah ada sejak lama. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 fakta kopi Bourbon.

1. Asal usul kopi Bourbon

Giling biji kopiKopi Bourbon berasal dari Perancis, tepatnya di wilayah Bourbon. Foto: Getty Images/PeopleImages

Kopi Bourbon berasal dari Perancis tepatnya di daerah Bourbon dan ditemukan pada tahun 1708. Kemudian pada tahun 1800 kopi Bourbon dibawa ke Afrika dan Amerika Latin.

Tanaman kopi ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1100-2000 meter di atas permukaan laut. Sayangnya tanaman tersebut rentan terhadap serangan hama dan penyakit.

Meski begitu, kopi Bourbon memiliki potensi panen dan pertumbuhan yang baik, lapor packing.com (27/08/20). Kopi Bourbon merupakan kopi dengan kualitas unggul.

2. Karakteristik

Faktanya, kopi Bourbon merupakan salah satu varietas kopi khas yang kemudian mengalami mutasi ketika ditanam di wilayah Bourbon. Ukuran biji kopinya lebih kecil dan padat.

Buahnya berwarna merah, kuning dan merah jambu. Buah mudah gugur pada musim hujan dan berangin. Kopi Bourbon memiliki rasa manis yang kompleks.

Selain itu, ada sentuhan rasa asam dengan tekstur relatif halus. Aromanya juga unik, segar dan unik. Fitur-fitur ini disukai oleh para pecinta kopi.

Menonton video “Sambal Matah Bali Ikan Lele Renyah Pedas Viral di Bali
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *