Jakarta

Di Asia Tenggara terdapat banyak jenis makanan penutup yang enak. Mulai dari ketan mangga Thailand hingga bibingka Filipina. Ada juga dessert khas Indonesia ini!

Makanan penutup selalu dicari setelah santapan lezat. Di setiap negara pasti ada kreasi dessert unik yang patut untuk dicoba.

Di Asia Tenggara, terdapat makanan penutup dari berbagai negara yang menjadi unggulan. Setiap hidangan penutup menawarkan keunikan dari segi bahan, tekstur, rasa, dan tampilan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Mengutip Instagram seasia.news (8/1/2024), berikut 10 makanan penutup terpopuler di Asia Tenggara:

10. Pisang goreng

Resep Pisang Goreng PandanFoto: Getty Images

Dari Indonesia ada pisang goreng yang susah ditolak, enak. Irisan pisang dilumuri campuran tepung lalu digoreng. Pisang goreng paling enak disajikan hangat sebagai pendamping teh atau kopi.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis pisang goreng, antara lain pisang goreng kipas, pisang goreng pasir, dan pisang goreng goroho yang dimakan dengan sambal roa.

9. Laporan

Taho adalah makanan penutup khas Filipina. Terbuat dari tahu sutra, sagu mutiara, dan pemanis seperti sirup arnibal atau gula merah. Taho biasanya disajikan panas-panas dan biasa dijadikan menu sarapan.

Sebagai hidangan penutup, orang Filipina bisa makan Taho kapan saja. Taho sering dianggap sebagai makanan penutup nostalgia yang mengingatkan Anda pada masa kecil.

8. Bibingka

10 Dessert Terpopuler di Asia Tenggara, Ada Pisang GorengFoto: Getty Images/bugking88

Masih dari Filipina, ada bibingka yang terbuat dari tepung beras dan santan. Teksturnya lembut dan lengket. Bibingka biasanya dibungkus dengan daun pisang saat sudah matang. Setelah itu bibingka ditaburi kelapa parut.

Bibingka terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan bahan utamanya. Ada yang hanya berbahan dasar tepung beras, tepung ketan, bahkan tepung singkong.

7. Mitos Bodoh

Rash Mit adalah makanan penutup murah dan menyegarkan yang populer di Thailand. Biasanya terdiri dari berbagai jenis makanan penutup, seperti krong-krang dan thapthim.

Lalu ada juga tambahannya seperti nangka, santan, gula pasir, bengkoang, ubi jalar, jagung, bola singkong, akar teratai, dan lain-lain. Umumnya mit Rash disajikan dalam mangkuk dengan es serut.

6. Halo-halo

10 Dessert Terpopuler di Asia Tenggara, Ada Pisang GorengFoto: Getty Images/bugking88

Mirip dengan es campur, ini adalah halo-halo khas Filipina. Terbuat dari berbagai buah-buahan tropis seperti buah palem, nangka dan kelapa muda. Kemudian tambahkan agar-agar warna-warni, sup kacang merah manis, dan es krim.

Tambahan lainnya adalah campuran susu dan sedikit gula cair. Halo-halo banyak dijual di Filipina, namun sebenarnya mudah dibuat di rumah.

Lebih jelasnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *