Jakarta

Pori-pori kulit yang tersumbat dapat menimbulkan banyak keluhan pada kulit. Agar kulit tetap bersih dan sehat, hindari beberapa makanan berikut.

Penyebab utama keluhan kesehatan kulit adalah dari pori-pori yang tersumbat. Pori-pori bisa tersumbat karena produksi sebum berlebihan atau penumpukan kotoran yang tidak dibersihkan dengan baik.

Cara membersihkan pori-pori yang utama adalah dengan melakukan double cleaning atau pembersihan wajah ganda setelah beraktivitas. Namun tidak dapat disangkal bahwa pola makan yang tidak sehat juga memiliki efek menyumbat pori-pori.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, ada beberapa makanan yang dapat memicu Insulin-Growth Factors (IGF-1) yang meningkatkan sebum dan hormon pemicu peradangan. Tak banyak orang yang menyadari bahwa beberapa makanan bisa menyumbat pori-pori dengan cepat.

Baca juga: Mengerikan! Pengalaman Horor Pengiriman Makanan Ojol bagi Penerima Ajaib

Berikut 5 makanan yang bisa memicu pori-pori tersumbat menurut Beauty Glimpse:

Hindari 5 Makanan Ini untuk Mencegah Pori-Pori Kulit TersumbatMakanan dengan indeks glikemik tinggi bisa memicu penyumbatan pori-pori. Foto: Getty Images/iStockphoto/kazuhide isoe

1. Makanan dengan indeks glikemik tinggi

Indeks glikemik merupakan indikasi seberapa baik suatu makanan dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh dalam jangka waktu tertentu. Semakin tinggi indeks glikemik, maka semakin cepat makanan tersebut memicu produksi gula dalam darah.

Tak hanya berdampak pada penderita diabetes, gula darah juga bisa memicu pori-pori tersumbat akibat sebum. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk pada orang yang sudah mempunyai masalah kesehatan kulit.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi antara lain karbohidrat olahan seperti pasta, sereal instan, kentang, atau makanan manis. Sebaiknya pilih makanan yang tinggi serat seperti gandum dan buah sebagai alternatif.

2. Produk susu

Dalam kondisi tertentu, susu berkhasiat memperkuat dan memaksimalkan pertumbuhan tulang. Sayangnya, di beberapa kasus lain, susu olahan justru memberikan efek negatif bagi tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu seperti yogurt, mentega, keju, es krim, dan sebagainya ternyata menimbulkan dampak buruk. Mengonsumsi susu olahan dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori wajah.

Selain itu, banyak produk susu juga mengandung gula yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon. Kondisi peningkatan insulin akibat asupan gula dan ketidakseimbangan hormon akan memperparah penyumbatan pori-pori.

Makanan lainnya ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *