Jakarta

Umat ​​Islam perlu mewaspadai bahan makanan haram pada masakan Barat karena daging babi tidak hanya disebut 'babi' atau 'babi'. Ketahui 10 istilah olahan daging babi dalam masakan Barat.

Bagi umat Islam, dilarang memakan daging babi dan produk-produknya. Meski menyantap makanan di luar rumah, umat Islam perlu mewaspadai keberadaan daging babi atau turunannya.

Sayangnya hal ini menjadi lebih sulit ketika umat Islam makan makanan di luar negeri. Beberapa olahan daging babi terkadang memiliki nama lain yang asing bagi sebagian besar umat Islam, seperti di negara-negara Barat.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Ada banyak sekali istilah yang berbeda untuk olahan daging babi, termasuk 10 istilah yang dikutip dari Daily Trust (4/6/2017):

1. Banger

Di Inggris ada masakan banger yaitu daging babi yang dipotong kecil-kecil, dibumbui, dan dimasukkan ke dalam bungkus seperti sosis. Bangers adalah bagian dari hidangan populer seperti “banger and beans” dan “bangers and mash”.

Di Bangers and Mash, sosis babi sering disajikan dengan sosis domba atau sapi. Pelengkapnya adalah kentang tumbuk, saus kuah, dan kacang rebus.

2. sosis bratwurst

10 Syarat Olahan Daging Babi di Masakan Barat, Umat Islam Perlu Waspada10 Kondisi Olahan Daging Babi pada Masakan Barat, Umat Muslim Perlu Waspada Foto: Getty Images/Juanmonino

Bratwurst dikenal orang Indonesia sebagai salah satu jenis sosis, namun perlu diingat bahwa bahan utamanya mungkin daging babi. Di Jerman, bratwurst biasanya dibuat dari daging babi, meski terkadang dicampur dengan daging sapi.

Di Amerika, bratwurst juga sering disebut “brats”. Bahannya sama, mayoritas daging babi.

3. Potong

Jika Anda menemukan daging di Inggris, umat Islam tidak boleh memakannya. Daging biasanya mengacu pada daging babi, irisan daging babi panggang yang sering disajikan dengan saus apel dan berbagai sayuran.

Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagian pinggang, yaitu daging di sekitar pinggul dan bahu babi. Ada juga yang menggunakan sirloin, iga dan atasan.

4. Gamon

Hidangan daging babi yang disebut gammon ini populer di Inggris dan Irlandia, terutama saat Natal. Daging mirip ham ini telah diasinkan dan diasapi. Biasanya dijual mentah, berbeda dengan ham yang dijual siap disantap.

Gammon terbuat dari paha atau kaki belakang babi. Nama “gammon” berasal dari kata latin “gamba” yang berarti kaki. Nama lainnya adalah merah muda.

5. Kielbasa

Kielbasa berasal dari bahasa Polandia yang berarti sosis babi. Seiring berjalannya waktu, hidangan ini pun menjadi terkenal di Amerika Serikat. Orang menyebutnya “sosis Polandia” karena berasal dari Polandia.

Kielbasa biasanya dijual dalam bentuk melengkung seperti huruf U. Proses pengasapan membuat sosis ini memiliki aroma khas berasap.

Istilah lain olahan daging babi dalam masakan Barat ada di halaman berikutnya.

6. Rasher

10 Syarat Olahan Daging Babi di Masakan Barat, Umat Islam Perlu Waspada10 Kondisi Olahan Daging Babi pada Masakan Barat, Umat Muslim Perlu Waspada Foto: Getty Images/Juanmonino

Olahan daging babi populer lainnya di negara-negara Barat adalah Rasher. Bentuknya berupa potongan daging mirip bacon. Rasher biasanya terbuat dari daging babi, namun ada juga versi yang terbuat dari daging sapi, ayam, kalkun, atau domba.

Saat mencari Rasha di luar negeri, jika umat Islam ingin menyantapnya namun ragu, bisa menanyakan bahan-bahannya terlebih dahulu.

7. Pancetta

Berbentuk seperti bacon roll, ini adalah pancetta Italia yang terbuat dari daging babi. Bagian yang digunakan adalah perut babi. Daging ini kemudian diasinkan, dibumbui dengan bumbu, dan dikeringkan.

Pancetta biasanya ditambahkan ke hidangan sup atau pasta. Selain itu, masakan ini juga bisa disajikan dalam bentuk daging lembaran yang dimakan mentah.

8. peperoni

Istilah pepperoni mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang Indonesia karena banyak varian pizza di Indonesia yang menggunakan topping pepperoni. Namun saat ke luar negeri, umat Islam perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya karena pepperoni biasanya terbuat dari campuran daging sapi dan babi.

10 Syarat Olahan Daging Babi di Masakan Barat, Umat Islam Perlu Waspada10 Kondisi Olahan Daging Babi pada Masakan Barat, Umat Muslim Perlu Waspada Foto: Getty Images/Juanmonino

9. Salami

Salami juga populer di negara-negara Barat. Singkatnya, hidangan ini adalah sosis babi yang diasinkan. Diameternya terbilang lebih besar dibandingkan sosis pada umumnya, yakni mencapai 6 cm.

Salami juga terbuat dari lemak babi dan berbagai bumbu. Salami mudah dikenali dari warnanya yang coklat kemerahan dengan bintik-bintik putih lemak.

10. Prosciutto

Istilah lain untuk olahan daging babi yang populer dalam masakan Barat, prosciutto. Bentuknya ham yang biasanya diiris tipis dan disajikan mentah. Ada dua jenis prosciutto, dikeringkan atau dimasak.

Biasanya prosciutto terbuat dari kaki belakang atau paha babi. Pembuatannya rumit, bahkan bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Menonton video “Bikin Lapar: Nasi Lidah Sapi Enak!
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *