Jakarta

Semangka merupakan pilihan camilan yang enak, segar, dan menyehatkan. Dengan rasa yang manis dan nutrisi yang lengkap, semangka merupakan kemasan sehat yang dapat dikonsumsi langsung atau sebagai komponen makanan lainnya.

Untuk mendapatkan semua manfaatnya, semangka yang dimakan harus berkualitas baik. Namun, bagaimana cara memilih semangka? Berikut penjelasannya

Cara Memilih Semangka Manis dan Segar

Dikutip dari buku Semangka: Kelezatan dan Kesejukan di Setiap Gigitan karya Tresno Saras, berikut beberapa tips memilih semangka yang segar, manis, dan siap disantap. Begini caranya:

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

1. Perhatikan bentuk dan ukurannya

Biasanya melon manis memiliki bentuk yang simetris dan proporsional. Pilihlah semangka yang tidak terlalu bulat atau terlalu panjang.

Ukuran semangka juga harus diperhatikan, jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Hindari pula buah semangka yang penyok, bentol, atau tergores tidak beraturan.

2. Warna Kulit Konsisten

Warna kulit semangka harus konsisten dan cerah. Semangka yang sudah matang biasanya memiliki warna kulit yang cerah, rata, dan tidak ada bintik atau perubahan warna. Hindari memilih semangka yang warnanya pucat atau terlalu gelap.

3. Perhatikan tekstur kulit semangka

Kulit semangka harus halus dan tidak kasar. Hindari semangka yang kulitnya lunak atau rusak. Sentuhlah permukaan kulit untuk memastikan tidak ada area yang terlalu keras atau terlalu lembut.

4. Periksa Bagian Bawah Semangka

Periksa bagian bawah semangka yang bersentuhan langsung dengan tanah. Jika bagian ini terlihat berwarna kuning atau coklat, maka semangka sudah matang dan siap dipanen. Hindari semangka yang bagian bawahnya masih berwarna hijau atau terlihat masih mentah.

Dikutip dari buku Food Combining: Pola Makan Sehat, Enak & Sederhana yang ditulis oleh Widyanti Yuliandari, ST dan Lidya Irawati, semakin lebar warna kuning di ujung semangka, maka semakin matang semangka tersebut.

5. Potong Semangka

Dikutip dari buku Pengetahuan Dasar Bahan Makanan karangan Mulono Apriyanto, menepuk buah semangka bisa menunjukkan kualitasnya. Semakin banyak lubang pada semangka, semakin buruk kualitasnya dan semakin banyak air yang dikandungnya. Sebaliknya jika terdengar bunyinya berarti semangka masih segar.

Menonton video “Antri satu jam untuk jus buah segar Rp 15 ribu
[Gambas:Video 20detik]
(garis/garis)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *