Jakarta

Panjang umur dapat dicapai dengan menjaga kesehatan, salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat. Dokter ini mengungkap rahasia 5 pola makan yang bisa membuat Anda berumur panjang. apa pun?

Setiap individu tentu berharap dapat diperpanjang. Hal ini dapat dicapai dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Selain berolahraga dan istirahat yang cukup, menjaga pola makan juga penting. Hindari makanan tinggi gula dan lemak dan beralihlah ke makanan kaya nutrisi.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Orang Jepang, Italia, Yunani diketahui mempunyai umur yang panjang. Jadi, apa yang mereka makan agar bisa berumur panjang?

Melansir express.co.uk (03/01, Dr. Poonam Desai di Amerika Serikat mengungkap rahasianya. Berikut 5 makanan untuk umur panjang:

Berikut daftar 5 makanannya:

1. Maksimalkan konsumsi buah dan sayur

Cara memasak sayuran sehatMemaksimalkan asupan buah dan sayur bisa membuat seseorang berumur lebih panjang. Foto: iStock

Menurut Dr. Poonam, banyak mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan. Artinya mengonsumsi minimal 10 porsi buah dan sayur setiap hari.

Buah dan sayur merupakan sumber folat, vitamin C, dan potasium yang baik untuk tubuh. Makanan ini juga kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan dan mengurangi risiko kanker usus besar.

Kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu melindungi sel-sel otak dan membantu meningkatkan daya ingat. Vitamin dan mineral pada buah dan sayur serta enzim juga mampu menghasilkan energi sehingga tubuh lebih bugar.

2. Makan lebih banyak kacang-kacangan

Manfaat kacang-kacangan untuk awet mudaMengonsumsi kacang-kacangan juga bisa memperpanjang umur. Foto: Getty Images/iStockphoto

Menurut Dr. Poonam, mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur. Katanya kacang tidak mengandung gula, garam, dan minyak.

Menurutnya, kacang-kacangan merupakan sumber protein, lemak sehat, serat, vitamin dan mineral yang memberikan perlindungan dari penyakit jantung dan diabetes.

Kacang juga mengandung antioksidan tingkat tinggi yang disebut polifenol. Menurut peneliti dari The Gerontological Society of America, hal ini dapat mengurangi risiko penuaan dini.

3. Biji-bijian

Sereal juga menjadi rahasia umur panjang seseorang. Menurut Dr. Poonam, Anda bisa mengonsumsi segenggam biji-bijian setiap hari karena mengandung serat dan protein. Biji-bijian utuh merupakan sumber protein, folat, dan antipsikotik yang baik.

Studi yang dikutip dari express.co.uk juga menemukan bahwa biji-bijian bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko kanker dan perlemakan ginjal.

Biji-bijian yang bisa dimakan, seperti oat, quinoa, soba, dan barley.

Rahasia makanan agar awet muda lainnya bisa dilihat di halaman berikutnya!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *