Jakarta

Pengaruh makanan ini memiliki bobot badan 191 kilogram (kg). Sadar kesehatannya semakin memburuk akibat obesitas, ia memutuskan untuk menjalani operasi bariatrik.

Kisah food influencer asal Malaysia ini menyedot banyak perhatian. Rifdi Amri, sosok dibalik akun memasak JomKita yang memutuskan menjalani operasi bariatrik demi kehidupan yang lebih baik.

Mengumpulkan mStar (11/1/2024), pria berusia 30 tahun ini mengalami kelebihan berat badan hingga 191 kg. Sejak Oktober 2023, ia memulai program penurunan berat badan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Hasilnya mulai terlihat pada awal tahun 2024. “Berat badan saya sekarang turun menjadi 161 kg,” kata Rifdi. Ia memiliki target menurunkan berat badannya hingga 85 kg.

Bukan tanpa alasan ia ingin kurus. Rifdi sadar akan banyaknya risiko kesehatan yang menanti jika ia terus menderita obesitas.

“Sekarang saya tidak punya penyakit apa pun, tapi ke depan kita tidak tahu. Diabetes, darah tinggi dan sejenisnya bisa menghancurkan hidup saya kapan saja,” ujarnya. Ia juga sadar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Dikritik karena kurang makan oleh netizen

Dengan berat 191 kg, food influencer ini menjalani operasi bariatrikFoto: mStar

Alasan lain Rifdi ingin menurunkan berat badannya adalah karena kritik dan masukan yang diberikan oleh netizen yang menonton akun JomKita. Dia diminta menurunkan berat badan.

“Saya terima saran mereka untuk mengubah diri, tapi ada juga warganet yang mengkritik. Saya akui separuh dari kritik itu mungkin karena kesalahan saya juga,” kata Rifdi.

Misalnya, konten dirinya mencoba soju halal mendapat kritik pedas, padahal menurut Rifdi, banyak pembuat konten yang sudah mencobanya. “Saya pikir jika kita gemuk, segala sesuatu yang kita lakukan akan lebih mungkin dikritik, seolah-olah itu adalah cara untuk membenarkan body shaming,” ujarnya.

Ia pun menemukan liku-liku dalam menurunkan berat badan. Meski demikian, Rifdi bersyukur memiliki teman dan keluarga yang sangat mendukung.

Kisah Rifdi dalam menurunkan berat badan masih ada di halaman berikutnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *