Jakarta

Sup kaki domba yang lezat dan hangat paling cocok disantap saat musim hujan. Di lima warung tenda ini terdapat sop kaki kambing legendaris yang sudah berumur puluhan tahun.

Tak hanya diisi sayuran, sop khas Indonesia banyak yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Salah satunya adalah sop kaki domba dan sapi yang banyak penggemarnya.

Sayangnya, beberapa tempat yang menjual sop kambing tidak berhasil menghilangkan bau menyengat yang berasal dari daging kambing atau daging sapi yang digunakan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Di Jakarta, untungnya banyak warung pinggir jalan yang terkenal dengan sop kaki domba legendarisnya.

Meski dijual di pinggir jalan atau di tenda sederhana, sudah puluhan tahun sop kaki kambing ini digandrungi banyak orang bahkan menjadi ikon kuliner di beberapa daerah.

Misalnya saja warung tenda Sop Kaki Kambing Bang Karim di Tanah Abang yang mulai berjualan sejak tahun 1960. Lalu ada Dudung Roxy yang kini menjadi ikon Sop Kiko Kambing di Jakarta.

Berikut lima rekomendasi sop kaki kambing jalanan legendaris yang cocok disantap saat musim hujan:

1. Sop Kaki Kambing Silahkan mampir

dokter!  5 Sop Kaki Kambing Legendaris Ini Enak Bangetdokter! 5 Sup Kaki Domba Legendaris Ini Enak Banget Foto: Situs Kuliner/Twitter

Sup daging domba menjadi menu populer di Jalan Biak, Roxy, Jakarta Pusat. Salah satu yang populer adalah warung tenda Sudi Mampir yang sudah berjualan sejak tahun 1969. Rasanya yang enak dan tidak pernah berubah selama 55 tahun membuat warung tenda ini terus bertahan.

Seporsi sop kaki domba harganya Rp 55.000. Selain kaki, pengunjung juga bisa memilih isian lain seperti daging dan jeroan. Kuahnya enak dan segar, dibuat dengan susu (tanpa santan) dan ghee.

Pelengkap kuahnya antara lain irisan tomat segar, daun bawang, keripik, dan bawang goreng. Tersedia juga acar dan sambal cair yang bisa ditambahkan sesuai selera. Selain sop kambing, Sudi Mampir juga punya sop daging sapi. Saus dan pelengkapnya sama, tapi bintangnya adalah irisan daging sapi. Harganya Rp 45.000 per potong.

2. Tudung Roxy

dokter!  5 Sop Kaki Kambing Legendaris Ini Enak Bangetdokter! 5 Sup Kaki Domba Legendaris Ini Enak Banget Foto: Situs Kuliner/Twitter

Selain warung tenda Sudi Mampir, di Jalan Biak juga terdapat warung tenda yang juga sudah puluhan tahun menjual sop kaki domba. Namanya Dudung Roxy yang sudah berjualan sejak tahun 1975 dan kini menjadi ikon sop kaki domba di Jakarta.

Campuran sop daging domba di sini tidak hanya berisi kaki saja. Ada juga pilihan lain seperti daging, lidah, bahkan torpedo. Semuanya bisa dipilih sesuai selera pembeli. Harganya Rp 11 ribu per potong. Biasanya satu mangkok berisi 5 ekor kambing.

Lalu untuk kuahnya, Dudung Roxy tidak menggunakan santan melainkan menggunakan bumbu sebagai bahan utamanya dan dilumuri dengan susu full cream. Tak heran jika rasa pedasnya begitu nikmat dengan tekstur kuahnya yang cukup kental.

3. Sop Kaki Kambing Bang Karim

dokter!  5 Sop Kaki Kambing Legendaris Ini Enak Bangetdokter! 5 Sup Kaki Domba Legendaris Ini Enak Banget Foto: Situs Kuliner/Twitter

Di Sekitar Jalan Kh. Mas Mansyur di Tanah Abang memang banyak memiliki warung pinggir jalan setiap malamnya. Di antara yang paling legendaris adalah warung tenda Sop Kaki Bang Karim Kambing yang mulai berjualan sejak tahun 1960.

Sekilas, soto kaki domba di warung legendaris ini mirip dengan soto Betawi karena diolah dengan tambahan susu pada kuahnya. Inilah yang membuatnya terasa lebih enak dan creamy.

Daging kambingnya juga tidak ada duanya, teksturnya lembut dan juicy. Maka tak heran jika toko-toko yang buka setelah senja selalu ramai dengan antrean pembeli. Kisaran harga sajian sop kaki domba di sini sekitar Rp 50.000 tergantung pilihan isian sotonya.

Menonton video “Bikin lapar: Buka puasa dengan hangatnya sop kaki domba kuah susu
[Gambas:Video 20detik]

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *