Jakarta

Tidak hanya pajak restoran dan service charge, restoran ini juga menambahkan biaya asuransi kesehatan untuk server di sana. Hal ini membuat marah beberapa pengunjung.

Di setiap restoran biasanya harga makanan dan minuman yang dipesan belum termasuk pajak dan service charge yang berkisar antara 10% – 21%. Namun berbeda dengan restoran JenChan di Atlanta, Amerika. Restoran ini terkenal dengan pizza dan makanan Cina yang lezat.

Dilansir DailyMailUK (12/01), restoran keluarga ini telah menambahkan biaya sebesar 4% pada setiap kuitansi pengunjung untuk biaya premi asuransi kesehatan pekerja di sana sejak tahun lalu. Hal itu dilakukan pemilik karena premi asuransi seluruh karyawannya naik hingga tiga kali lipat dari harga normal.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pemiliknya, Emily Chan, merasa kewalahan untuk membayar asuransi kesehatan seluruh karyawannya, sehingga ia mulai menambahkan biaya sebesar 4% untuk setiap transaksi atau pembelian makanan di restorannya.

Duh!  Restoran menambahkan biaya asuransi pada setiap kwitansi makan pengunjungPemilik Restoran JenChan. Foto: Halaman Berita

Apalagi rata-rata karyawan di restorannya bekerja lebih dari 35 jam dalam seminggu. Emily tentu saja mengumumkan hal ini di buku menu, papan pengumuman di pintu restoran, dan bahkan di tagihan restoran.

Bagi pengunjung yang keberatan membayar biaya asuransi ini, Emily akan membebaskannya.

“Tagihan Anda mencantumkan biaya asuransi sebesar 4% setelah premi kesehatan karyawan kami dinaikkan tiga kali lipat. Terima kasih atas kerja sama Anda sehingga karyawan kami memiliki akses terhadap perawatan medis dan semacamnya. Jika Anda keberatan dengan biaya ini, kami akan menghapusnya dari tagihan makanan .kamu, ” tulis isi pengumuman tersebut.

Menurut Emily, hingga saat ini belum ada pengunjung yang langsung mengeluh atau keberatan dengan pembayaran tersebut. Namun sebenarnya di Facebook sendiri banyak pengunjung yang mengeluh dan merasa pihak restoran sedang memeras mereka.

Bahkan ada pula netizen yang sengaja memviralkan restoran ini dan mengirimkan ancaman kepada Emily secara online.

Duh!  Restoran menambahkan biaya asuransi pada setiap kwitansi makan pengunjungDuh! Pihak restoran menambahkan biaya asuransi pada setiap struk makan pengunjung Foto: Berita Laman

Banyak juga pengunjung yang meninggalkan ulasan buruk tentang biaya asuransi 4% ini. Emily sendiri menanggapinya dengan santai, ia mengeluarkan pengumuman bahwa pihak restoran akan mengembalikan biaya asuransi bagi semua pengunjung yang melakukan protes, asalkan mereka bersedia menghapus ulasan buruk tentang restoran tersebut di internet.

Dari tindakan ini, banyak yang mendukung Emily namun ada pula yang meragukan biayanya.

“Menurut saya, ancaman bukanlah hal yang baik, namun membebankan biaya tersebut kepada pengunjung juga bukanlah hal yang baik,” kritik seorang warganet.

“Harusnya sistem ini diubah karena server hanya mengandalkan tip. Tapi sekarang masalah jaminan kesehatan juga ditanggung pengunjung,” kritik netizen lainnya.

Meski mendapat kritik dan ancaman, Emily menolak menghapus biaya asuransi dari restorannya. Hal ini dilakukan selama pemerintah tidak menetapkan tingginya biaya premi asuransi kesehatan di Amerika.

Menonton video “Nikmati Prasmanan Sunda di BSD Lakeside Resto
[Gambas:Video 20detik]
(menangis)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *